Cegah perompak, pengamanan laut diperkuat

Sabtu, 10 Maret 2012 - 10:51 WIB
Cegah perompak, pengamanan laut diperkuat
Cegah perompak, pengamanan laut diperkuat
A A A
Sindonews.com - Wilayah laut Indonesia terdiri menjadi jalur pelayaran internasional. Maka itu, pengamanan di wilayah laut harus terus diperkuat untuk memberikan kenyamanan pelayaran.

Kepala Pelaksana Harian Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) Laksamana Madya Didik Heru Purnomo mengungkapkan, pihaknya membuka Rescue Coordinating Center (RCC) atau Pusat Koordinasi Keamanan di sejumlah daerah. RCC ini dilengkapi dengan radar.

Dengan pembangunan RCC ini, pengamanan laut diharapkan meningkat. RCC menurut dia, telah dilengkapi alat yang akan mengidentifikasi kapal-kapal di laut.

"Bisa berkordinasi dengan stakeholder lain yang berwenang untuk pengamanan laut," katanya di Jakarta, Sabtu (10/3/2012).

Didik menyebut, lokasi pendirian RCC disesuaikan dengan kerawanan yang ada selama ini. Diantaranya di jalur-jalur padat pelayaran dan pintu masuk Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

Beberapa yang sudah berdiri yaitu, Banda Aceh, Tanjung Balai Karimun, Natuna, Pangkal Pinang, dan Karangasem. Selain itu ada di Kupang, Tarakan, Bitung, Batam, Manado, Jayapura, dan Merauke.

Pembentukan RCC, lanjut dia, merupakan upaya Bakorkamla dalam menyelamatkan sumber daya alam (SDA) laut di Indonesia. Sebab, potensi kerugian negara akibat pencurian sumber laut ini dinilai sangat besar.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6680 seconds (0.1#10.140)