KPK: Koruptor dilahirkan parpol

Kamis, 08 Maret 2012 - 16:49 WIB
KPK: Koruptor dilahirkan parpol
KPK: Koruptor dilahirkan parpol
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menganggap munculnya koruptor-koruptor muda di Indonesia ditenggarai akibat adanya peran partai-partai politik.

"Ya harus diakui, parpol ada yang sangat berperan disitu, dan itu sudah cukup banyak buktinya," ujar Wakil Pimpinan KPK, Busyro Muqoddas di kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Jakarta, Kamis (8/3/2012).

Busyro menjelaskan, lahirnya para koruptor muda itu indikasi dari proses regenerasi dari setiap institusi maupun parpol yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, maraknya korupsi di Indonesia saat ini terbilang cukup subur, akibat sistem regenerasi disertai jaringan relasi yang kuat.

"Banyak koruptor muda itu muncul karena indikasi dari proses regenerasi. Mereka pasti punya planning karena korupsi itu kan sturuktural dan memerlukan sejumlah unsur sehingga memerlukan sinergi. Kaderisasi itulah yang bisa dilihat di institusi-institusi negara dan juga parpol saat ini di Indonesia," jelasnya.

Busyro pun menambahkan risiko kaderisasi para koruptor tersebut jika masih bertahan pada kedepannya akan sangat berbahaya bagi kelangsungan bangsa dan negara Indonesia.

"Secara kontinu kita akan terus diganggu, dijarah dan secara sistemik oleh para koruptor muda yang regenerasi tersebut," pungkasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6746 seconds (0.1#10.140)
pixels