Pemerintah akan hapus eselon III

Kamis, 01 Maret 2012 - 19:04 WIB
Pemerintah akan hapus eselon III
Pemerintah akan hapus eselon III
A A A
Sindonews.com - Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (kemenpan) dan Reformasi Birokrasi akan menghapus eselon tiga di sejumlah Kementerian non portofolio.

"Misalnya kementerian nonportofolio seperti Kementerian PAN. Secara bertahap eselon tiga-nya dihilangkan saja," kata Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar di Istana Negara Jakarta, Kamis (1/3/2012).

Menurut Azwar, jabatan eselon satu dan dua sudah cukup, sementara di bawahnya tidak perlu adanya eselon tiga namun langsung pada jabatan fungsional. "Ada fungsional muda, madya, utama. Itu yang kerja," katanya.

Penerapan tersebut, kata dia, akan dilakukan secara bertahap. Tahun ini sudah mulai dilakukan. Kebijakan tersebut diambil dalam rangka mengurangi mata rantai birokrasi.

"Gunanya lebih cepat, mata rantai birokrasi lebih pendek, urusan lebih cepat, langsung pada pelayanan. Administrasi lebih ringkas dan biaya belanja pegawai jauh lebih berkurang," tuturnya.

Atas keputusan baru tersebut, Azwar mengatakan pihaknya masih melakukan penghitungan penghematan anggaran belanja gaji.

"Belum dihitung. Pasti banyak (berkurang anggaran belanja gaji). Pasti lebih cepat birokrasinya. Ini bagian dari reformasi birokrasi," paparnya.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8297 seconds (0.1#10.140)