Soal Papua, DPR protes parlemen Australia

Minggu, 26 Februari 2012 - 21:09 WIB
Soal Papua, DPR protes...
Soal Papua, DPR protes parlemen Australia
A A A
Sindonews.com - Komisi I DPR pertanyakan manuver politik parlemen Australia untuk menggelar pertemuan Parlementarian For West Papua, pada pekan depan. Langkah pertemuan oleh parlemen Australia itu sebagai bentuk intervensi terhadap permasalahan yang tengah dihadapi Indonesia.

“Saya Pertanyakan motif politiknya apa?" ujar Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq ketika dihubungi Sindonews, Minggu (26/2/2012).

Dia mengatakan, sikap parlemen Australia bersebrangan dengan sikap pemerintah Australia sendiri yang sudah tidak mempersoalkan masalah Papua. Apa lagi Indonesia selama ini tidak mengintervensi persoalan yang tengah dihadapi Australia.

“Indonesia tidak mempersoalkan Australia dengan masalah Aborigin. Jangan dianggap Australia tidak punya masalah, Aborigin gimana? Tapi kita tidak mau ikut campur,” ucapnya.

Maka itu, politkus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mendesak pemerintah Australia untuk mempertanyakan manuver politik parlemennya. Sebab pemerintah Australia sudah mendukung agar Papua tetap menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sikap politiknya bersebrangan dengan pemerintah Australia, makanya saya pertanyakan motif dan tujuannya apa,” tukasnya.

Sebelumnya, salah seorang anggota parlemen Australia dari Partai Hijau, Richard, yang ikut dalam pertemuan itu menjelaskan jika warga Papua harus diberi kesempatan menentukan pilihannya. Bahkan pertemuan itu nantinya juga akan mendorong kemungkinan referendum.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0336 seconds (0.1#10.140)