Transaksi seks dan narkoba di LP harus dibenahi

Rabu, 22 Februari 2012 - 13:35 WIB
Transaksi seks dan narkoba di LP harus dibenahi
Transaksi seks dan narkoba di LP harus dibenahi
A A A
Sindonews.com - Persoalan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) semakin kompleks. Salah satu paling sering terjadi adalah kerusuhan, selain juga banyak persoalan lain seperti narkoba, transaksi seks, dan lain-lain.

Menurut Ketua Komisi III DPR Benny K Harman kerusuhan terjadi di LP disebabkan bukan saja kelebihan kapasitas tapi juga sumber daya manusia (SDM). Saat ini, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin sedang menyiapkan strategi baru untuk mengatasi persoalan.

"Saya rasa Menkum HAM sedang menyiapkan langkah-langkah melakukan pembenahan di lapas itu," ujar Benny di Gedung DPR, Senayan, Rabu (22/2/2012).

Menkum HAM saat ini sedang mempersiapkan untuk perbaikan-perbaikan. Proses itu membutuhkan waktu dan tidak bisa sekali jadi.

"Kami sudah mendapat informasi, masalah lapas ini menjadi masalah utama di Kemenkum HAM dan sedang dipersiapkan untuk perbaikan," terang politikus Partai Demokrat ini.

Perbaikan utama ditujukan pada SDM penjaga Lapas. "Seharusnya kalau ada CCTV bisa dilakukan evaluasi untuk mencegah kejadian serupa," tambahnya.

Selain kekerasan yang perlu mendapat perhatian dalam Lapas adalah transaksi seksual dan narkoba. "Ini juga sering terjadi, harus dibenahi," tukasnya lagi.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8496 seconds (0.1#10.140)
pixels