Timsel harus awasi calon anggota KPU

Kamis, 09 Februari 2012 - 03:26 WIB
Timsel harus awasi calon anggota KPU
Timsel harus awasi calon anggota KPU
A A A
Sindonews.com - Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai telah mempertimbangkan rekam jejak calon anggota KPU maupun Bawaslu dalam proses penjaringannya.

Buktinya, tiga anggota KPU yang ikut dalam seleksi itu tidak lolos. Sebab, tiga komisioner KPU yakni I Gusti Putu Artha, Sri Nurhayanti, dan Saut Sirait memiliki rekam jejak kurang baik sehingga Pemilu 2009 banyak masalah, salah satunya, hak pilih anggota masyarakat yang hilang.

''Panitia Seleksi memang harus mempertimbangkan baik dan buruknya rekam jejak calon dalam kaitannya dengan kepemiluan. Dan wajar saja jika mereka tidak lolos, karena memang banyak masalah saat Pemilu 2009, seperti beberapa kasus hilangnya hak pilih anggota masyarakat,” kata Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Yan Herizal di DPR RI, Rabu (8/2/2012).

Yan berharap, terus itikad dan konsistensi Timsel untuk menerima masukan masyarakat mengenai rekam jejak calon. Begitu juga kepada masyarakat dari berbagai elemen seperti pemerhati pemilu, akademisi, dan LSM diimbau aktif memberikan masukan yang baik dan objektif kepada Timsel mengenai latar belakang calon, sehingga akan terpilih anggota KPU yang benar-benar berkualitas dan independen.

Mengenai rumor adanya calon titipan asing, Yan mengatakan, komisi II harus melakukan verifikasi mendalam mengenai rekam jejak mereka yang diduga titipan asing, terutama mengenai hubungan mereka dengan beberapa lembaga donor asing.

''Masalah pemilu merupakan implementasi kedaulatan rakyat di negara yang berdaulat secara politik. Sehingga independensi kita dalam penyelenggaraan pemilu harus terus dijaga," ujarnya.

Sebelumnya, Timsel telah mengumumkan hasil seleksi tahap kedua anggota KPU dan Bawaslu. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3017 seconds (0.1#10.140)