Prajurit TNI rayakan Galungan di Lebanon

Kamis, 02 Februari 2012 - 11:55 WIB
Prajurit TNI rayakan Galungan di Lebanon
Prajurit TNI rayakan Galungan di Lebanon
A A A
Sindonews.com - Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda TNI di Lebanon, merayakan Hari Galungan di ruang VIP Room Sector East Military Police Unit, UN Posn 7-3, Lebanon Selatan.

Pasukan itu terdiri dari Sector East Military Police Unit (Sempu) TNI, Force Head Quarter Support Unit (FHQSU), Indonesia Battalion (Indobatt) dan Force Protection Company (FPC). Komandan Satgas Sempu TNI Konga XXV-D/Unifil, Letkol Cpm Ida Bagus Rahwan Diputra memimpin persembahyangan Hari Raya Galungan dan diikuti prajurit TNI dan Kapten POM I Gede Eka Santika (Pasi Info Sempu TNI) dan Kapten POM Made Oka (Dan Kima Sempu TNI).

Sebelum persembahyangan dimulai, para prajurit TNI melantunkan Tri Sandya mengiringi persembahan sesajen dan diikuti oleh seluruh umat Hindu yang hadir hingga serangkaian persembahyangan berakhir, dilanjutkan pemercikan tirta dengan khusuk.

Menurut Dansatgas Konga XXV-D/Unifil Letkol Cpm Ida Bagus, Galungan adalah salah satu hari raya umat Hindu yang datang 210 hari sekali, jatuh pada hari Rabu Kliwon, dengan Wuku Dulungan. Hari Raya Galungan merupakan kebenaran atas ketidakbenaran atau sering disebut kemenangan Dharma melawan Adharma.

"Galungan ini adalah puncak kemenangan umat Hindu melawan kebatilan. Dharma atau kebaikan harus diutamakan, sebab yang namanya pahala tidak akan kemana, ada hukum alam yang tidak bisa dipungkiri. Apabila berbuat baik, pahalanya otomatis baik, dan sebaliknya," kata Dansatgas dalam rilis yang diterima Sindonews, Kamis (2/2/2012).

Disamping itu, tambah Dansatgas, perayaan Galungan ini dilaksanakan bertujuan untuk menjalin silaturahmi umat Hindu yang sedang bertugas di Lebanon dan tergabung dalam Pasukan Garuda serta untuk mempertebal keyakinan pada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

"Kami berharap, mudah-mudahan kita semua dapat melaksanakan tugas sebagai prajurit di bawah bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan baik dan kembali ke Tanah Air dengan selamat," terangnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3456 seconds (0.1#10.140)