Tingkatkan disiplin, TNI gelar operasi tertib prajurit

Kamis, 26 Januari 2012 - 13:27 WIB
Tingkatkan disiplin, TNI gelar operasi tertib prajurit
Tingkatkan disiplin, TNI gelar operasi tertib prajurit
A A A
Sindonews.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengadakan upacara Gelar Operasi Kepolisian Militer di Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur, hari ini. Kegiatan ini dilakukan untuk menciptakan penegakkan hukum, disiplin, dan tata tertertib di lingkungan TNI.

Kegiatan ini melibatkan seluruh prajurit Polisi Militer TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU), serta para ankum dan instansi terkait termasuk Provoost Polri.

Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatnya kepatuhan hukum, disiplin, dan soliditas prajurit TNI baik perorangan maupun kesatuan. Selain itu untuk meningkatkan kesiapan operasional terhadap prajurit maupun kesatuan TNI dan terwujudnya citra prajurit TNI yang baik di lingkungan masyarakat.

"Dalam amanatnya Panglima TNI mengatakan guna pelaksanaan Operasi Penegakan Ketertiban, terdapat dua hal yang diperlukan dari segenap jajaran Kepolisian Militer," demikian disampaikan Kadispenum Puspen TNI Kolonel Cpl Ir Minulyo Suprapto dalam siaran persnya, Jakarta, Kamis (26/1/2012).

Amanat yang dimaksud adalah pertama, memiliki kemampuan profesionalitas yang memadai, dalam arti menguasai dan memahami hukum dengan segala dinamika serta perkembangan yang terkait dengan masalah hukum positif, peraturan, dan tata tertib dalam rangka menjaga serta memelihara kredibilitas prajurit TNI dari penyimpangan terhadap hukum.

Lanjutnya, baik sebagai akibat kurang pemahaman, kelalaian, ketidaksengajaan, atau tindakan di luar hukum yang dilakukan oleh oknum internal maupun eksternal lainnya yang akan melemahkan kredibilitas TNI dari sisi hukum. Kedua, memiliki moralitas tinggi, dalam arti mampu menjadi contoh dalam kesadaran, kepatuhan, dan pelaksanaan hukum berikut segala aspek yang ada didalamnya.

Hal ini sesuai dengan tema yang diambil pada Gelar Operasi Penegakan Ketertiban Kepolisian Militer Tahun 2012 yaitu ”Dengan Operasi Gaktib dan Yustisi Tahun 2012, Kepolisian Militer menetapkan komitmen dan tekad meningkatkan kepribadian prajurit TNI yang berdisiplin dan patuh pada hukum guna mendukung tugas pokok TNI," ucapnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9026 seconds (0.1#10.140)