Kapolri-Komnas HAM tindaklanjuti temuan di Bima

Jum'at, 06 Januari 2012 - 18:22 WIB
Kapolri-Komnas HAM tindaklanjuti temuan di Bima
Kapolri-Komnas HAM tindaklanjuti temuan di Bima
A A A
Sindonews.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bertemu Kapolri Jendral Pol Timur Pradopo di Mabes Polri, hari ini. Polri bersama Komnas HAM menyatukan pandangan untuk buka tabir kasus Bima.

Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengatakan, hari ini pihaknya mendapatkan sejumlah temuan hasil investigasi dari Komnas HAM soal kerusuhan Bima.

"Tentunya, temuan-temuan tadi sudah Komnas HAM sampaikan," ujar Kapolri kepada wartawan usai bertemu dengan Ketua Komnas HAM Ifdal Kasim di Mabes Polri, Jumat sore (6/1/2012).

Menurutnya, dari pertemuan tadi ada beberapa yang sama dan ada beberapa yang memang berlainan soal korban tewas dalam kerusuhan Bima.

"Bahwa yang meninggal dari versi Polri ada dua, sedangkan versi Komnas HAM tiga. Satu korban ditemukan meninggal pada hari Sabtu-nya," ungkapnya.

Kapolri mengatakan, hal itulah yang akan dituntaskan, soal meninggalnya kapan, dan semua saksi-saksi sudah diperiksa pihaknya. Polri dan Komnas HAM telah menjalin kerja sama.

"Kerja sama Join Investigation dalam menyelidiki kasus pelanggaran HAM kerusuhan di Pelabuhan Sape Bima," ucap Timur.

Dia memaparkan, inti dari pertemuan yang berlangsung di Mabes Polri sekitar dua jam itu, Polri sepakat akan menindaklanjuti temuan dari Komnas HAM.

"Sehingga, apa yang menjadi permasalahan, misalnya ditemukan meninggal, apa karena aparat atau apa. Bisa clear," tuturnya.

Polri bersama Komnas HAM menyatukan pandangan untuk buka tabir kasus ini. Polri akan terbuka dalam proses penyelidikan atau penyidikan kasus ini. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6621 seconds (0.1#10.140)