Tarik simpati perempuan PKS gelar acara kaum ibu

Sabtu, 24 Desember 2011 - 11:41 WIB
Tarik simpati perempuan PKS gelar acara kaum ibu
Tarik simpati perempuan PKS gelar acara kaum ibu
A A A
Sindonews.com – Lebih dari 118 juta atau 49 persen dari total penduduk Indonesia adalah perempuan. Jumlah yang tidak sedikit itu menjadi bidikan potensial partai untuk menambah suara.

Seperti dilakukan Bidang Perempuan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sabtu (24/12/2011) ini. Melalui “Family Expo 2011 Cinta untuk Ibu Indonesia”, partai berlambang kesejahteraan itu mencoba menarik simpati perempuan.

Ketua DPP PKS Bidang Perempuan, Anis Byarwati mengatakan, acara yang digelarnya itu masih dalam rangka peringatan hari ibu. Pihaknya ingin menggerakan berbagai pihak untuk meningkatkan perbaikan kondisi perempuan Indonesia.

Jumlah perempuan di Indonesia diakui cukup besar, tapi kurang berkualitas. Indikatornya bisa dilihat dari rendahnya pendidikan, kesehatan, dan tingkat ekonomi.
Dari sisi pendidikan, masih ada sekitar 5 persen atau lebih dari 5 juta perempuan buta aksara.

Sisi kesehatan terlihat dari masih tingginya angka kematian ibu melahirkan yaitu 228 per 100 ribu kelahiran hidup. “Angka ini tertinggi di Asia,” tegasnya. Sedangkan dari sisi ekonomi, rumah tangga miskin dikepalai perempuan jumlahnya bertambah dari tahun ke tahun.

Susenas tahun 2004 menyebut ada lebih 3 juta rumah tangga miskin dikepalai perempuan. Organisasi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) menyebutkan, 79 persen anggotanya hidup di bawah garis

Kata Anis, pihaknya lebih dari 10 tahun bergerak di akar rumput melakukan upaya peningkatan kapasitas perempuan di bidang ekonomi, pendidikan, agama, dan kesehatan melalui Pos Wanita Keadilan atau Pos WK.

Menurutnya, ada 5.800 titik Pos WK yang berperan di bidang pendidikan dan ekonomi. Bidang Perempuan PKS juga membentuk program Rumah Keluarga Indonesia (RKI) di 105 RKI di 33 provinsi. Acara Family Expo 2011 sendiri dilaksanakan serentak di 33 provinsi mulai 22 – 30 Desember 2011. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5949 seconds (0.1#10.140)