Awas Corona, Pemda Harus Cepat Antisipasi Masyarakat Terlanjur Mudik

Sabtu, 28 Maret 2020 - 14:51 WIB
Awas Corona, Pemda Harus Cepat Antisipasi Masyarakat Terlanjur Mudik
Awas Corona, Pemda Harus Cepat Antisipasi Masyarakat Terlanjur Mudik
A A A
JAKARTA - Meski sudah ada imbauan untuk tidak mudik ke kampung halaman, namun masih saja ada warga yang tetap melakukan mudik. Karenanya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19 ini, perlu antisipasi yang tepat dari sejumlah daerah tersebut.

Anggota DPR Fraksi PKB, Marwan Jafar mengusulkan, perlunya optimalisasi gedung-gedung sekolah di berbagai daerah untuk keperluan isolasi warga yang terlanjur mudik. (Baca juga: Masyarakat Kembali Diimbau untuk Sementara Jangan Pulang Kampung)

"Masyarakat yang terlanjur pulang kampung harus ditangani sesuai protokol kesehatan. Selain dilakukan rapid test di tempat titik kumpul kedatangan pemudik, juga disiapkan tempat isolasi bagi mereka yang dinyatakan positif COVID-19 maupun ODP (Orang Dalam Pengawasan), agar mengurangi potensi penyebaran virus di daerah," kata Marwan Jafar, Sabtu (28/03 /2020).

"Bagi yang dinyatakan positif maupun status ODP segera diisolasi di tempat-tempat yang disiapkan seperti gedung-gedung sekolah untuk menekan penyebaran virus di masyarakat," tegasnya.

Selain itu, Marwan juga tekankan perlunya regulasi yang tegas terkait mudik sehingga tidak menimbulkan ambigu dan kebingungan di tengah masyarakat.

"Imbauan Kapolri juga perlu ditindaklanjuti dengan pengawasan yang ketat di lapangan sehingga tidak ditemukan lagi pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di tengah masyarakat. Penegakan aturan dan disiplin sosial jadi kata kunci untuk menekan penyebaran wabah COVID-19 ini," ungkapnya.

Marwan menjelaskan, kebijakan WFH (work from home) dan social distancing maupun physical distancing perlu dilaksanakan secara tegas dan disiplin tinggi di Daerah-daerah sehingga efektif menekan penyebaran virus ini.

"Kita yakin dan optimis jika kebijakan pemerintah ditindaklanjuti dengan langkah-langkah konkrit, tegas serta disiplin oleh masyarakat, maka pandemi virus corona dapat diatasi dengan baik," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7776 seconds (0.1#10.140)