DPR Dukung Pengembangan Riset Vaksin Virus Corona dari Rempah-rempah

loading...
DPR Dukung Pengembangan Riset Vaksin Virus Corona dari Rempah-rempah
DPR Dukung Pengembangan Riset Vaksin Virus Corona dari Rempah-rempah
A+ A-
JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR, Nabil Haroen mendukung usaha beberapa lembaga penelitian dan kampus menemukan obat-obatan untuk penanggulangan virus Corona, seperti yang dilakukan lembaga riset dari Kampus UI, IPB, Unair dan beberapa kampus lainnya. (Baca juga: Tanggulangi Corona, DPR Minta Pemerintah Libatkan Perguruan Tinggi)

Nabil menyampaikan Komisi IX mendukung penuh usaha pemerintah melalui instansi terkait guna menangani pandemi virus Corona. Pihaknya juga mendorong pemerintah Indonesia berkoordinasi dengan WHO, untuk langkah-langkah strategis penanggulangan krisis karena virus Corona (Covid-19) ini. "Jadi, Komisi IX DPR sangat mendukung langkah-langkah pemerintah untuk yang terbaik bagi bangsa Indonesia," tutur Nabil kepada SINDOnews, Kamis (19/3/2020).

Politikus PDI Perjuangan ini menyatakan, terkait belum cairnya dana penelitian untuk vaksin Corona, itu tahapan teknis yang masih dalam proses. Sebab, regulasi keuangan tidak sembarangan untuk mencairkan anggaran. Justru, regulasi itu penting agar satu komando dan akuntable. (Baca juga: 160 Warga Jakarta Positif Corona, Tersebar di 118 Kelurahan)

"Nah, dalam situasi krisis karena Corona ini, memang harus ada langkah cepat dan terobosan agar kita terhindar dari bencana yang lebih besar. Soal anggaran itu bukan satu-satunya tantangan," ujarnya.



Lebih lanjut Nabil mengatakan, yang penting saat ini adalah mendorong konsorsium riset. Karena, jangan sampai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bikin riset sendiri, sementara Kementerian Riset dan Dikti juga bikin riset terpisah.

Menurut Gus Nabil, sapaan akrabnya, dengan konsorsium itu nantinya ada tim yang melibatkan lintas kementerian, periset dari kampus-kampus dan lembaga penelitian, serta dari industri farmasi dari BUMN. "Jadi, dari proses awal dan akhirnya satu pintu, satu tim, satu kebijakan," ujar pria yang juga Ketua PP Pagar Nusa NU itu.

Menurut Gus Nabil, komitmen pemerintah untuk atasi krisis ini sangat serius, dan dukungan masyarakat Indonesia sangat dibutuhkan. Pemerintah saat ini, menurutnya sangat berkomitmen untuk penanggulangan krisis akibat Corona.



"Tapi, kita kan punya prioritas, ada jangka pendek, menengah dan panjang. Nah, virus Corona ini kan baru, jadi semua negara sedang dalam proses riset. Masing-masing berusaha menyelesaikan tantangan untuk kebaikan warganya. Pemerintah Indonesia juga dalam tahapan itu," tutur dia.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top