Atasi Wabah Corona, PDIP dan PKB Instruksikan Kader Bantu Pemerintah

Senin, 16 Maret 2020 - 08:02 WIB
Atasi Wabah Corona, PDIP dan PKB Instruksikan Kader Bantu Pemerintah
Atasi Wabah Corona, PDIP dan PKB Instruksikan Kader Bantu Pemerintah
A A A
JAKARTA - Upaya mencegah penyebaran wabah corona harus menjadi concern semua kalangan. PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pun menginstruksikan para kadernya untuk bersama-sama pemerintah melawan penyebaran virus mematikan tersebut.

Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar mengeluarkan 11 instruksi kepada seluruh pengurus dan kader di seluruh Indonesia untuk membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) semaksimal mungkin dalam menghadapi virus corona (Covid-19).

"Seluruh pengurus dan kader PKB di seluruh Indonesia, agar PKB berdiri terdepan bersama seluruh kekuatan bangsa untuk bergotong-royong menghadapi Covid-19 dan membantu semaksimal seluruh langkah dan kebijakan Presiden Jokowi dan Pemerintah Republik Indonesia," instruksi Gus Muhaimin kemarin.

Dalam poin pertama, wakil ketua DPR itu memerintahkan partainya untuk menurunkan tim medis untuk mengecek kesehatan warga yang memerlukan pengecekan dari rumah ke rumah. "Selanjutnya setiap DPW dan DPC PKB menjadi posko hotline, menjadi pusat orang kontak minta pengecekan kesehatan dalam rangka tindakan preventif Covid-19," katanya.

Menurut dia, PKB menyediakan relawan medis membantu penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah atau daerah rentan. "Seluruh struktur partai mulai DPW hingga ranting (desa) melakukan pendataan dan mengedukasi masyarakat di sekitarnya terkait corona meliputi bagaimana cara mencegah corona, baik melalui pamflet maupun bahan medsos disebarkan ke semua jaringan partai," ucapnya.

Selain itu, PKB juga mendukung dan terus memastikan agar pemerintah punya cukup kamar rumah sakit sekaligus mendorong pemerintah mempercepat penyiapan tempat yang dapat dikonversi sebagai rumah sakit darurat. ”Mendorong pemerintah memobilisasi dokter, teknisi laboratorium, paramedis, dan sebagainya harus dipastikan tersebar di semua daerah yang dinilai rentan,” katanya. (Baca: Jokowi Minta Kepala Daerah tentutan Sendiri Kedaruratan Corona)

PKB akan memperjuangkan UKM yang tidak bisa bekerja akibat terdampak Covid-19 agar dibantu pemerintah dengan sebuah kebijakan yang terukur dan efektif. Untuk itu, PKB mengingatkan pemerintah agar memiliki cukup anggaran penanganan Covid-19 dan dampak ekonominya. ”PKB menginstruksikan kepada FPKB untuk membantu pemerintah mewujudkan itu semua,” ujarnya.

Selain upaya yang dilakukan pemerintah, kata dia, masyarakat juga diimbau untuk hidup sehat, menjaga lingkungan, menghindari kegiatan publik yang tidak perlu, serta aktif menyosialisasikan cara-cara pencegahan Covid-19 melalui media komunikasi, medsos, dan sebagainya.

”Seluruh media sosial pengurus dan kader serta anggota PKB wajib dipenuhi dengan sosialisasi langkah dan kebijakan pemerintah dalam mengatasi Covid-19 serta berbagai informasi yang penting untuk masyarakat guna mencegah persebaran virus corona,” katanya.

Muhaimin mengapresiasi seluruh langkah dan kebijakan pemerintah serta mendorong semua pemerintah daerah untuk bersinergi dengan pemerintah pusat dan semua stakeholders lainnya dalam melakukan langkah dan kebijakan penanganan Covid-19. Hanya dengan bersatu, bersinergi, dan bahu-membahu semua elemen pemerintahan dan bangsa Indonesia, pengatasan Covid-19 akan semakin efektif dan meminimalisasi korban maupun dampaknya di pelbagai bidang kehidupan.

"Kepada seluruh masyarakat harus tetap tenang dan waspada dan jangan lupa berdoa dan bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bangsa Indonesia dan seluruh warga dunia diberi pertolongan dan kemampuan mengatasi Covid-19," tandasnya. (Baca juga: Wabah Corona Semakin Merebak, Muhammadiyah Keluarkan Maklumat)

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, sesuai arahan yang diberikan Megawati Soekarnoputri, pihaknya sudah meminta seluruh kader, anggota, dan simpatisan partai untuk membantu tugas pemerintah. Khususnya dalam menyampaikan apa dan bagaimana Covid-19, serta cara pencegahannya.

Pencegahan ini mencakup hidup bersih, istirahat yang cukup, makan sehat, dan minum jamu-jamuan, khususnya yang mengandung jahe, temulawak, kencur, kunyit, sereh, dan kayumanis. Satu lagi, perbanyak berjemur guna mendapatkan sinar matahari yang cukup. “Berpikir positif, penuh keyakinan, dan percaya bahwa pemerintah melakukan hal yang terbaik untuk rakyatnya. Karena itulah, anggota dan kader PDI Perjuangan harus turun di tengah rakyat. Ibu Megawati juga membantu dengan mencetak leaflet dan brosur secara langsung dan menjadi pedoman sosialisasi yang dilakukan oleh partai," ucapnya.

Hasto mengatakan, PDI Perjuangan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mengedepankan solidaritas dan gotong-royong nasional sebab Presiden Jokowi telah memimpin langsung upaya nasional terhadap pencegahan Covid-19. Saat ini Satgas Nasional dan Unit Reaksi Cepat sudah dibentuk, serta rumah-rumah sakit terus disiagakan. Demikian halnya koordinasi dengan pemerintah daerah terus ditingkatkan. (Baca juga: Cegah Corona, Masyarakat Diharap Ikuti Imbauan Pemerintah)

"Jadi, langkah terbaik kita adalah mendukung seluruh upaya pemerintah tersebut, dan kita ciptakan ketenangan masyarakat dari pihak-pihak tertentu yang mencoba mengail di air keruh," urai Hasto.

Dalam konteks itu pula, PDI Perjuangan mengharapkan seluruh media televisi, cetak dan elektronik, serta seluruh penggiat di media sosial untuk ikut membantu sosialisasi dengan membangun optimisme.

"Kita dorong gerakan memperkuat kedisiplinan masyarakat misalnya terkait pengecekan temperatur, memperkuat imunitas tubuh, disiplin cuci tangan, dan lain-lain. Berbagai upaya memperkuat solidaritas nasional juga harus kita lakukan bersama-sama seluruh komponen bangsa," kata Hasto. (Abdul Rochim)
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6251 seconds (0.1#10.140)