Atasi Wabah Corona, PDIP dan PKB Instruksikan Kader Bantu Pemerintah

Senin, 16 Maret 2020 - 08:02 WIB
Atasi Wabah Corona, PDIP dan PKB Instruksikan Kader Bantu Pemerintah
Atasi Wabah Corona, PDIP dan PKB Instruksikan Kader Bantu Pemerintah
A A A
JAKARTA - Upaya mencegah penyebaran wabah corona harus menjadi concern semua kalangan. PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pun menginstruksikan para kadernya untuk bersama-sama pemerintah melawan penyebaran virus mematikan tersebut.

Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar mengeluarkan 11 instruksi kepada seluruh pengurus dan kader di seluruh Indonesia untuk membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) semaksimal mungkin dalam menghadapi virus corona (Covid-19).

"Seluruh pengurus dan kader PKB di seluruh Indonesia, agar PKB berdiri terdepan bersama seluruh kekuatan bangsa untuk bergotong-royong menghadapi Covid-19 dan membantu semaksimal seluruh langkah dan kebijakan Presiden Jokowi dan Pemerintah Republik Indonesia," instruksi Gus Muhaimin kemarin.

Dalam poin pertama, wakil ketua DPR itu memerintahkan partainya untuk menurunkan tim medis untuk mengecek kesehatan warga yang memerlukan pengecekan dari rumah ke rumah. "Selanjutnya setiap DPW dan DPC PKB menjadi posko hotline, menjadi pusat orang kontak minta pengecekan kesehatan dalam rangka tindakan preventif Covid-19," katanya.

Menurut dia, PKB menyediakan relawan medis membantu penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah atau daerah rentan. "Seluruh struktur partai mulai DPW hingga ranting (desa) melakukan pendataan dan mengedukasi masyarakat di sekitarnya terkait corona meliputi bagaimana cara mencegah corona, baik melalui pamflet maupun bahan medsos disebarkan ke semua jaringan partai," ucapnya.

Selain itu, PKB juga mendukung dan terus memastikan agar pemerintah punya cukup kamar rumah sakit sekaligus mendorong pemerintah mempercepat penyiapan tempat yang dapat dikonversi sebagai rumah sakit darurat. ”Mendorong pemerintah memobilisasi dokter, teknisi laboratorium, paramedis, dan sebagainya harus dipastikan tersebar di semua daerah yang dinilai rentan,” katanya. (Baca: Jokowi Minta Kepala Daerah tentutan Sendiri Kedaruratan Corona)

PKB akan memperjuangkan UKM yang tidak bisa bekerja akibat terdampak Covid-19 agar dibantu pemerintah dengan sebuah kebijakan yang terukur dan efektif. Untuk itu, PKB mengingatkan pemerintah agar memiliki cukup anggaran penanganan Covid-19 dan dampak ekonominya. ”PKB menginstruksikan kepada FPKB untuk membantu pemerintah mewujudkan itu semua,” ujarnya.

Selain upaya yang dilakukan pemerintah, kata dia, masyarakat juga diimbau untuk hidup sehat, menjaga lingkungan, menghindari kegiatan publik yang tidak perlu, serta aktif menyosialisasikan cara-cara pencegahan Covid-19 melalui media komunikasi, medsos, dan sebagainya.

”Seluruh media sosial pengurus dan kader serta anggota PKB wajib dipenuhi dengan sosialisasi langkah dan kebijakan pemerintah dalam mengatasi Covid-19 serta berbagai informasi yang penting untuk masyarakat guna mencegah persebaran virus corona,” katanya.

Muhaimin mengapresiasi seluruh langkah dan kebijakan pemerintah serta mendorong semua pemerintah daerah untuk bersinergi dengan pemerintah pusat dan semua stakeholders lainnya dalam melakukan langkah dan kebijakan penanganan Covid-19. Hanya dengan bersatu, bersinergi, dan bahu-membahu semua elemen pemerintahan dan bangsa Indonesia, pengatasan Covid-19 akan semakin efektif dan meminimalisasi korban maupun dampaknya di pelbagai bidang kehidupan.
Halaman :
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1998 seconds (11.252#12.26)