Ridwan Kamil: Bahan Obat Corona Ada di Indonesia, Tepatnya di Jawa Barat

Kamis, 12 Maret 2020 - 13:44 WIB
Ridwan Kamil: Bahan Obat Corona Ada di Indonesia, Tepatnya di Jawa Barat
Ridwan Kamil: Bahan Obat Corona Ada di Indonesia, Tepatnya di Jawa Barat
A A A
BANDUNG - Pasien positif virus Corona terus bertambah. Hingga Rabu 11 Maret 2020, tercatat sudah 34 orang yang terinfeksi virus tersebut. Dua orang sembuh dan satu orang meninggal.

Menanggapi wabah Corona, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku mendengar kabar obat virus tersebut ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Barat.

"Saya mendengar kabar baik ini kalau bahan untuk obat Corona itu ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Barat. Saya akan lihat kajiannya, sudah sejauh mana," ungkap Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/3/2020). (Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Nadiem Diminta Pertimbangkan Penutupan Sekolah)

Kabar baik tersebut mencuat setelah dirinya mendapatkan informasi bahwa pohon kina asal Jabar memiliki kandungan yang sama dengan klorokuin yang menurut hasil riset di China sudah berhasil menyembuhkan 100 pasien COVID-19 di Wuhan.

Ridwan mendorong kampus, akademisi, dan lembaga terkait untuk duduk bersama mencari solusi terkait penyembuhan pasien Covid-19 dengan obat berbahan kina tersebut.

Dia menekankan, peluang ini harus ditangkap oleh kampus, lembaga penelitian, dan para ahli untuk meneliti lebih jauh kemungkinan kina yang merupakan flora asal Jabar bisa menjadi kandungan yang mampu mencegah atau mengobati pasien Covid-19.

"Saya mendorong kampus terlibat aktif meneliti ragam kemungkinan bahan yang bisa jadi obat Corona ini. Pemerintah tengah fokus melakukan penanganan dan pencegahan serta perawatan virus ini, kampus harus didorong untuk turut ambil bagian," tegasnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6757 seconds (0.1#10.140)