Kondisi Terkini WNI Positif Terinfeksi Corona

Senin, 02 Maret 2020 - 15:24 WIB
Kondisi Terkini WNI Positif Terinfeksi Corona
Kondisi Terkini WNI Positif Terinfeksi Corona
A A A
JAKARTA - Dua warga Indonesia dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Warga yang berdomisili di Depok, Jawa Barat tersebut, saat ini telah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso, Jakarta.

(Baca juga: Pulau Sebaru Diyakini Mampu Jadi Lokasi Observasi Virus Corona)

Menkes Terawan Agus Putranto menjelaskan, hingga saat ini, dua pasien yang dilaporkan anak dan ibu itu dalam kondisi baik. Di mana keduanya sudah tidak lagi mengalami demam.

"Jadi begini, saya sudah nengok, cek segalanya. Pasien kondisi baik. Enggak ada sesak, enggak ada demam. Bisa makan. Hp, sendiri. Menurut saya kondisi sehat. Enggak ada panas. Batuk dikit saja," kata Terawan saat mengunjungi Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Pasien dirawat di ruang isolasi khusus dan tidak melakukan kontak dengan pasien lainnya. "Ada di ruang isolasi. Gedungnya pisah dan udah berstandar rujukan," ujar Terawan.

Dijelaskan Menkes Terawan, saat ini dua pasien positif tersebut sudah mendapatkan penanganan sesuai standar WHO (Organisasi Kesehatan Dunia). Menurut Terawan, tak ada upaya yang terlewat, semua sudah dilakukan sesuai dengan standar operasional yang sudah disepakati WHO.

"Penanganan sesuai simulasi. Corona enggak seganas H5N1, flu burung dan sebagainya. Dengan mortaliti 2% atau tergantung daerahnya," jelasnya.

"Perawatnya seperti orang dengan kena flu. Vitamin diberikan, makan diberikan. Bukan antibiotik karena ini bukan bakteri tapi virus," lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, Covid-19 telah masuk Indonesia. Dua warga di Indonesia, ibu dan anak masing-masing berusia 64 tahun dan 31 tahun dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 setelah berkontak dengan warga negara Jepang yang positif terinfeksi saat berkunjung ke Indonesia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6607 seconds (0.1#10.140)