Pesawat R80, Cita-cita Besar BJ Habibie yang Belum Terwujud

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 17:58 WIB
Pesawat R80, Cita-cita Besar BJ Habibie yang Belum Terwujud
Pesawat R80, Cita-cita Besar BJ Habibie yang Belum Terwujud
A A A
JAKARTA - Hampir 40 hari sudah Prof. BJ Habibie meninggalkan kita semua. Sudah banyak karya besar beliau yang patut dikenang dan diteruskan oleh generasi saat ini.

Salah satu cita cita besar beliau yang terus akan diwujudkan adalah hadirnya pesawat tipe R80. Sebuah jenis pesawat yang diyakini akan mampu menjadi jembatan udara bagi ribuan pulau yang ada di Indonesia.

Putra Presiden BJ Habibie, Ilham Habibie mengungkap, hingga saat ini belum ada pembangunan dari segi fisik pada pesawat R80. Tapi dirinya sudah memiliki desain dan rencana dari pesawat R80.

"Kalau pembangunannya dari segi fisik kita belum mulai, jadi saat ini kita mendesain. Maksudnya kita punya rencana yang sudah sangat detail tapi belum sedetail, sehingga membuat pesawat belum kita mulai," ujar Ilham di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019).

"Kalau kita buat pesawat harus ada gambar dengan tiap bagian pesawat kita kasih kepada orang di mesin, dia bisa buat bagian itu yang kecil, jadi kita belum ke situ," tambahnya.

Ilham menjelaskan, ada sejuta gambar atau lebih rancangan pesawat R80 itu dan pihaknya belum sampai fase itu. Pihaknya masih merancang jutaan gambar itu sebab sebagai suatu pesawat yang utuh, butuh jutaan atau ribuan bagian yang semuanya secara individual.

"Mungkin susah untuk dimengerti kalau tidak punya latar belakang industri. Tapi kita membayangkan katakanlah suatu sepeda motor, sepeda motor mempunyai 700 bagian individual yang kita buat dan merakit menjadi sepeda motor, itu sepeda motor ada tangkinya, engine yang terdiri dari katupnya, silindernya dari rumah daripada engine dan sebagainya," jelasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4364 seconds (0.1#10.140)