Tebar Semangat Nasionalisme, IPC Hadirkan Rangkaian HUT ke–74 RI di Sumsel

Senin, 19 Agustus 2019 - 14:39 WIB
Tebar Semangat Nasionalisme, IPC Hadirkan Rangkaian HUT ke–74 RI di Sumsel
Tebar Semangat Nasionalisme, IPC Hadirkan Rangkaian HUT ke–74 RI di Sumsel
A A A
PALEMBANG - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) (IPC) menggelar rangkaian acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia bersama sejumlah BUMN dan masyarakat di Sumatera Selatan. Khusus puncak acara, Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, yang diadakan di Lapangan Penumpukan Petikemas Pelabuhan Boom Baru Palembang.

“Upacara Bendera Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini diikuti oleh Dewi Ariyani Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, perwakilan pegawai BUMN di Sumatera Selatan, serta perwakilan pemerintah daerah di Propinsi Sumatera Selatan. Selain itu, upacara juga diikuti oleh puluhan pelajar peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah,” kata Elvyn G. Masassya, Sabtu (17/8/2019).
Tebar Semangat Nasionalisme, IPC Hadirkan Rangkaian HUT ke–74 RI di Sumsel

CSR IPC Peduli Digelar di Palembang

Mengusung semangat nasionalisme di HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia IPC memberi bantuan corporate social responsibility (CSR) kepada masyarakat di Palembang. Dikemas dalam program IPC Peduli, kegiatan CSR ini merupakan aksi nyata BUMN hadir di seluruh pelosok tanah air untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dan membuat masyarakat merasakan kehadiran BUMN itu sendiri.

“Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, program IPC Peduli dirancang berdasarkan 3 pilar fokus kegiatan CSR & PKBL diantaranya IPC Cinta Pendidikan, IPC Cinta Lingkungan dan IPC Cinta Kesehatan. Ketiga pilar ini menjadi inisiatif korporasi dalam memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan membuat masyarakat semakin merasakan keberadaan BUMN di tengah kehidupan sehari-hari,” tutur Elvyn G. Masassya, Sabtu (17/8/2019).

IPC menyalurkan total bantuan senilai Rp6,2 miliar yang diserahkan kepada masyarakat di 12 wilayah cabang pelabuhan IPC seluruh Indonesia, berupa bantuan make over (perbaikan) rumah pahlawan, bantuan pembangunan/renovasi sarana mandi cuci kakus (MCK), bantuan penyediaan sarana air bersih, bantuan biaya pendidikan siswa/i setingkat SD, SMP dan SMA serta disabilitas, bantuan pembangunan kafe baca serta bantuan lainnya.

Sementara itu secara simbolis, bantuan senilai total Rp1,4 miliar diserahkan Direktur Utama IPC kepada masyarakat Palembang, di sela upacara bendera peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI yang diadakan di Lapangan Penumpukan Pelabuhan Boom Baru Palembang.

Bantuan yang disampaikan berupa make over (perbaikan) 10 unit rumah pahlawan, bantuan pembangunan/renovasi 50 unit sarana mandi cuci kakus (MCK), bantuan 2 titik penyediaan sarana air bersih, bantuan biaya pendidikan 30 siswa/i setingkat SD, SMP dan SMA serta disabilitas dan bantuan pembuatan 1 unit kafe baca serta bantuan lainnya. Penyerahan bantuan CSR ini merupakan sinergi IPC dengan PTPN 7 dan Perumnas.

“IPC berharap program ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat yang minim akan akses dan sarana air bersih dan MCK yang representatif. Sementara make over (perbaikan) rumah pahlawan merupakan upaya dalam peningkatan kualitas rumah layak huni,” papar Elvyn.

Elvyn menjelaskan, penyerahan bantuan ini sekaligus menujukkan komitmen IPC untuk berkontribusi nyata bagi masyarakat, khususnya di Sumatera Selatan. Kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan, termasuk di 12 kantor cabang IPC lainnya, agar masyarakat luas ikut merasakan manfaat dari keberadaan IPC sebagai BUMN yang juga memiliki peran sebagai agen pembangunan.

Koordinator BUMN Perayaan di Sumsel

Kementerian BUMN menunjuk IPC sebagai BUMN koordinator untuk pelaksanaan Perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Sumatera Selatan. Rangkaian kegiatan ini merupakan perwujudan semangat BUMN Hadir Untuk Negeri yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN. Ini adalah tahun kelima IPC menyelenggarakan rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Sebelumnya kegiatan serupa diselenggarakan di Tanjung Pandan, Pontianak, Bengkulu dan Sorong, Papua. Rangkaian acara perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI diadakan di beberapa titik di Palembang, seperti di Terminal Penumpukan IPC Cabang Palembang dan Benteng Kuto Besak.

“Dalam pelaksanaannya IPC yang didukung oleh 35 perusahaan BUMN lain di Sumatera Selatan, menggelar rangkaian acara yang melibatkan warga seperti jalan sehat, perlombaan olahraga, perlombaan tradisonal, panggung hiburan dan kegiatan lainnya. Lomba tradisional bersama warga diadakan pagi dan sore hari tanggal 17 Agustus 2019, di Pelabuhan Boom Baru, Palembang. Acara ini juga diikuti oleh perwakilan karyawan BUMN yang ada di Sumsel,” jelas Elvyn.

Sedangkan acara Jalan Sehat 5K yang rencananya di akan buka oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru diadakan pada Minggu pagi 18 Agustus 2019. Jalan Sehat 5K dipusatkan di Plaza Benteng Kuto Besak sebagai lokasi start dan finish. Peserta diperkirakan mencapai 10.000 orang yang terdiri dari masyarakat umum dan juga perwakilan karyawan dari 35 BUMN di Palembang, termasuk IPC.

Jalan Sehat 5 K akan diramaikan dengan acara hiburan yang menampilkan Grup Band Coklat. “Tidak hanya hiburan IPC beserta 35 BUMN di Palembang akan membagikan hadiah lomba serta ratusan doorprize serta ribuan porsi penganan atau kuliner gratis untuk para peserta jalan sehat 5K.” kata Elvyn.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5779 seconds (0.1#10.140)