Sambut Hari Kemerdekaan, Harmoni Indonesia Gelar Kontes Festival Anak

Rabu, 07 Agustus 2019 - 18:03 WIB
Sambut Hari Kemerdekaan, Harmoni Indonesia Gelar Kontes Festival Anak
Sambut Hari Kemerdekaan, Harmoni Indonesia Gelar Kontes Festival Anak
A A A
JAKARTA - Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 dan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Harmoni Indonesia akan menggelar Kontes Festival Anak bertajuk Aku Untuk Indonesia.

Menurut Ketua Umum Pelaksana acara tersebut, Firdaus Ali, kegiatan itu merupakan komitmen Harmoni Indonesia berpartisipasi mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sebagai salah satu faktor terpenting untuk mewujudkan Indonesia Maju berdasarkan Visi Indonesia, dan ini sudah menjadi komitmen kuat Pemerintahan Jokowi-Amin 2020-2024.

“Dalam konteks ini, Harmoni Indonesia berkomitmen membangunkan kembali semangat nasionalisme dan persatuan bermodalkan kapasitas kreatif, inovatif, dan eksploratif. Kita ajak generasi muda terus bersemangat menjaga persatuan, kerukunan, dan kebangsaan. Karena, itulah aset terbesar bangsa ini,” kata Firdaus.

Hal tersebut diungkapkan Firdaus di Jakarta, Selasa 7 Agustus 2019. Rangkaian kegiatan Kontes Festival Anak bertajuk Aku Untuk Indonesia” akan diselenggarakan dalam dua tahap. Tahap pertama, mulai hari Kamis (1-13 Agustus), yang melibatkan anak usia sekolah dasar.

Sementara, tahap kedua menuju puncak acara 91 tahun Sumpah Pemuda pada hari Senin 28 Oktober 2019) yang melibatkan generasi muda hingga tingkat SLTA dengan cakupan wilayah seluruh Indonesia dan di luar negeri.

Firdaus menambahkan, Kontes Festival Anak “Aku Untuk Indonesia” merupakan kompetisi sehat dan kreatif serta membangun untuk generasi muda masa depan Indonesia dengan tujuan utama meningkatkan jiwa nasionalisme, persatuan dan kerukunan pada generasi muda; mengembangkan motivasi dan cita-cita jangka panjang pada generasi muda.

Dalam acara itu, peserta akan menggugah video berdurasi maksimum 30 detik dengan caption terbaik beserta hashtag #AkuUntukIndonesia ataupun mengirimkan berupa tulisan.

Tiga pemenang utama, tambah Firdaus, diharapkan dapat secara resmi diundang ke Istana Negara RI pada acara peringatan Hari Kemerdekaan pada Sabtu 17 Agustus untuk mendapatkan kesempatan beraudiensi dan membuat video singkat (vlog) dengan Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana untuk diviralkan ke seluruh Indonesia untuk menyemangati anak-anak Indoesia.

Firdaus mengatakan, untuk tahap kedua, kegiatan akan berlanjut pada puncak peringatan 91 tahun Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober akan datang yang akan melibatkan masa generasi muda yang lebih banyak dan luas yang akan diselenggarakan dengan kegiatan bernyanyi lagu-lagu kebangsaan Indonesia serentak di dalam negeri maupun luar negeri.

Dia berharap tiga pemenang Kontes Festival Anak "Aku Untuk Indonesia” nantinya bisa bertatap muka langsung dengan Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto mengatakan, Harmoni Indonesia menjadi wahana tepat untuk merawat kebersamaan Indonesia. Dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, lagu-lagu nasional, Harmoni Indonesia mampu membangkitkan semangat nasionalisme penduduk Indonesia.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7916 seconds (0.1#10.140)