PP Muhammadiyah Akan Launching Logo Muktamar ke-48

Selasa, 30 Juli 2019 - 21:33 WIB
PP Muhammadiyah Akan Launching Logo Muktamar ke-48
PP Muhammadiyah Akan Launching Logo Muktamar ke-48
A A A
SOLO - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bakal menggelar soft launching logo Muktamar ke-48, besok. Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini dijadwalkan hadir dalam acara yang digelar di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais mengemukakan, Muktamar akan dilaksanakan pada 1-5 Juli 2020 di Solo. Penunjukkan Solo sebagai tuan rumah Muktamar sesua dengan turunnya surat keputusan PP Muhammadiyah Nomor 218/Kep/1.0B/2017.

"Tema Muktamar kali ini adalah Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta," kata Dahlan Rais saat jumpa pers persiapan soft launching logo Muktamar di Kampus UMS Solo, Selasa
(30/7/2019).

Maksud dari tema itu adalah Muhammadiyah ingin memperluas misi kerahmatan sebagai gerakan Islam berkemajuan. Sebagai salah satu satu unsur yang turut serta membidani kelahiran negara Indonesia, Muhammadiyah berusaha senantiasa hadir untuk memandu arah perjalanan bangsa dan menyelesaikan berbagai masalah keumatan dan kebangsaan.

Sejalan dengan keputusan Muktamar sebelumnya, Muhammadiyah berusaha memperluas kiprahnya di kancah dunia melalui kegiatan pendidikan dan kemanusiaan. Dalam Muktamar nanti, pusat kegiatan dilaksanakan di Kampus UMS Solo dengan dukungan Muhammadiyah Jawa Tengah dan Soloraya.

Sebelum pelaksanaan Muktamar, dua hari sebelumnya akan didahului dengan sidang Tanwir Muhammadiyah. Tanwir merupakan permusyawaratan tertinggi kedua di bawah Muktamar
yang dihadiri anggota Tanwir sebanyak 224 yang merupakan wakil dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan daerah se Indonesia.

Muktamar di Solo akan dilaksanakan di gedung baru yang kini tengah dibangun di lingkungan Edutorium UMS. Sementara, soft lauching logo akan digelar besok, Rabu (31/7/2019) malam, sebagai pemanasan terhadap Muktamar ke-48 di Solo yang akan dilaksanakan tahun depan.

Selain dihadiri oleh anggota dan peserta Muktamar, tamu undangan, perwakilan berbagai negara dan para pengamat, sekitar 1 juta penggembira Muktamar akan turut hadir. "Kami akan bekerja sama dengan pemerintah daerah agar pelaksanaan berjalan lancar," urainya.

Para penggembira akan mengikuti pembukaan Muktamar. Setelah itu, mereka tidak mengikuti kegiatan Muktamar namun biasanya memiliki acara masing-masing, seperti keliling Kota Solo.

Hampir dipastikan saat Muktamar hotel berbintang di Solo akan full booking. Mengenai logo Muktamar, Dahlan Rais menyebut diantaranya ada gunungan, kaligrafi, panah ke atas, background alam semesta dan lintasan cahaya.

Sedangkan jenis hurufnya, penulisan Muktamar, tema, dan seterusnya menggunakan jenis huruf futura yang memiliki karakter kokoh, modern, dan futuristic dalam spirit Islam berkemajuan untuk memajukan Indonesia dan mencerahkan semesta.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6411 seconds (0.1#10.140)