Alami Hipoglikemia, Jamaah Haji asal Karanganyar Jateng Meninggal

Rabu, 10 Juli 2019 - 11:27 WIB
Alami Hipoglikemia, Jamaah Haji asal Karanganyar Jateng Meninggal
Alami Hipoglikemia, Jamaah Haji asal Karanganyar Jateng Meninggal
A A A
MADINAH - Inna lillahi wainna ilaihi roji'un. Seorang jamaah haji kelompok terbang (kloter) 4 asal Embarkasi Solo (SOC) bernama Mudjahid Damanhuri (74) meninggal dunia di Rumah Sakit King Fahd, Selasa (9/7/2019) pukul 10.15 Waktu Arab Saudi (WAS). Warga Semenharjo RT 01/05 Suruh Kalang, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah ini menghadap sang khalik setelah mengalami penurunan kadar gula darah (hipoglikemia).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada pukul 07.30 WAS, kesadaran Mudjadid tiba-tiba menurun. Tim Kesehatan Haji yang menemukannya langsung memberikan tindakan dengan memasang infus. Hasil pemeriksaan diketahui kadar gula darah dalam tubuh (glukosa) rendah, di bawah 70 mg/dl (hipoglikemia).

Setelah dilakukan penanganan oleh Tim Kesehatan Haji, kondisi Mudjadid agak membaik. Sekitar pukul 08.30 WAS, pPetugas kemudian merujuknya ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah. Namun pada 09.15 akhirnya Mudjadid dirujuk ke Rumah Sakit King Fahd untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

"Ternyata pukul 10.15 setelah dilakukan tindakan pasien dinyatakan meninggal," kata Kepala Sektor 2 Daerah Kerja (Daker) Madinah, Muhammad Rusdi, Rabu (10/7/2019).

Menurutnya, jenazah Mudjadid akan dimakamkan di Madinah setelah pengurusan dokumen dan lainnya telah selesai. "Proses pengurusan COD sudah selesai, dan akan dimakamkan ba'da salat magrib," katanya.

Hingga saat ini, jumlah jamaah haji yang meninggal dunia menjadi tiga orang. Pertama, Sumiyatun Sawi Krama, jamaah haji kloter 1 Embarkasi Solo (SOC); disusul Khairil Abbas Bin Salim, jamaah haji Indonesia kloter 2 Embarkasi Batam (BTH); dan Mudjadid, jamaah haji kloter 4 Embarkasi olo.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4215 seconds (0.1#10.140)