Didorong Angin, Pesawat Jamaah Haji Indonesia Tiba Lebih Cepat

Rabu, 10 Juli 2019 - 05:17 WIB
Didorong Angin, Pesawat Jamaah Haji Indonesia Tiba Lebih Cepat
Didorong Angin, Pesawat Jamaah Haji Indonesia Tiba Lebih Cepat
A A A
MADINAH - Hingga hari keempat pemberangkatan, Selasa (9/7/2019), sebanyak 18.340 jamaah haji dari 44 kelompok terbang (kloter) telah tiba di Madinah Al Munawwaroh, Arab Saudi. Perjalanan pesawat lancar bahkan lebih cepat dari jadwal kedatangan.

Kasie Kedatangan dan Pemberangkatan Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Cecep Nursyamsi mengatakan, dua maskapai yang digunakan untuk mengangkut jamaah haji Indonesia, Garuda Airlines dan Saudi Arabia Airlines dalam beberapa hari ini tiba lebih cepat antara 30 menit hingga 1,5 jam.

Menurutnya, ada dua hal yang mempengaruhi pesawat datang lebih cepat. Pertama, angin mendorong pesawat ke arah barat. Kedua, kondisi di Bandara Prince Mohammed Bin Abdulaziz mendukung pesawat langsung landing, tidak memutar.

"Dua hal ini yang mempengaruhi kenapa pesawat datang lebih cepat," kata Cecep kepada wartawan di Bandara Prince Mohammed Bin Abdulaziz Madinah, Selasa (9/7/2019).

Cecep mengklaim hingga saat ini kedatangan jamaah haji dari asal embarkasi tergolong lancar. Ini karena pada pemberangkatan jamaah haji pada gelombang pertama, kondisi Bandara Madinah belum terlalu ramai.

"Yang krusial nanti saat kedatangan gelombang kedua di Bandara Jeddah. Karena akan banyak jamaah dari luar Indonesia yang datang bersamaan. Lalu pada pemulangan, itu juga krusial," katanya.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat menyambut baik kedatangan pesawat jamaah haji Indonesia yang lebih cepat. Namun dia mengingatkan kondisi ini harus segera diantisipasi petugas dan ikut mempengaruhi operasional petugas haji. Para petugas harus bersiap lebih awal dalam menyambut para jemaah haji.

"Kawan-kawan sudah standby 4 jam sebelum pesawat landing dan ini terbukti ternyata turunnya pesawat itu lebih cepat satu setengah jam. Dengan keadaan ini, Alhamdulillah karena persiapan kita sudah siap dari awal itu tidak menjadi masalah," katanya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7217 seconds (0.1#10.140)