IZI Tuntaskan Program Ekspedisi dan Paket Ramadhan

Sabtu, 01 Juni 2019 - 10:59 WIB
IZI Tuntaskan Program Ekspedisi dan Paket Ramadhan
IZI Tuntaskan Program Ekspedisi dan Paket Ramadhan
A A A
JAKARTA - Program Ekspedisi dan Paket Ramadhan besutan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sudah tuntas menyalurkan 8.832 paket Ramadhan di wilayah Indonesia dan Timor Leste.

Dalam paparannya di kantor IZI, Jakarta, Jumat (31/5/2019), Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana Rosyada mengisahkan begitu beratnya medan saat menyalurkan paket Ramadhan.

Lokasi itu yakni berada di Kalimantan di Singkawang dan Sambas merupakan di antara lokasi penerima manfaat.

"Lokasi pertama 4 jam dari Pontianak. Alhamdulillah lancar," paparnya.

Warga tinggal di kampung tengah hutan dan kabun karet. Mereka mengandalkan penghasilan dari hutan setelah harga karet anjlok dan tak cukup untuk membeli kebutuhan bahan pangan.

"Mirisnya harga 1 kg karet tak cukup beli sekilo beras. Sementara untuk mengumpulkan karet, tidak langsung satu pohon, tapi terdiri dari beberapa pohon," kata Wildhan.

Senada, Direktur Pendayagunaan IZI, Nana Sudiana mengatakan, kegiatan Paket Ramadan bukan menjadi titik akhir program. Ada sejumlah rencana mulia yang akan dihadirkan untuk masyarakat di sejumlah daerah.

"Daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia (3T) masih memerlukan program lanjutan dari aspek pendidikan, pengiriman dai untuk membimbing mereka ke depannya, dan juga merencanakan dari sisi pemberdayaan ekonomi lokal," ujar Nana.

Untuk pendidikan, lanjut dia, program itu sudah berjalan di sejumlah daerah. Seperti di Jeneponto, Papua Barat, Nunukan-Sebatik, juga Singkawang. Nantinya itu akan diperluas dengan melihat antusiasme masyarakat lokal.

Atas kehadiran program itu, masyarakat mengaku terbantu. Mereka menyambut baik kegiatan ini. "Masyarakat senang, kita lebih banyak kasih support, kasih pendidikan di sana," ujar dia.

Untuk itu, program ini perlu disokong oleh semua pihak. Terlebih saat Ramadan yang mana setiap kebaikan akan diganjar dengan berlipat ganda. Para muzakki maupun muhsinin yang akan menyalurkan Zakat, Infak, dan Sadaqoh (ZIS), IZI membuka pelayanan khusus menjelang berakhirnya ramadan ini.

Sebagai lembaga zakat yang menampung ZIS (zakat, infak, sedekah), terutama di bulan Ramadhan, IZI juga akan menginformasikan mengenai layanan pembayaran ZIS di kantor IZI, khususnya di hari-hari akhir menjelang Idul Fitri ini.

Tersedianya layanan pembayaran ZIS ini perlu diketahi masyarakat luas, sehingga mereka tidak lagi kebingungan untuk menunaikah kewajibannya. Transaksi dari hari Sabtu-Senin (1-3/5/19) bisa dilakukan di kantor IZI.

Lalu, dari pukul 06-00 s.d 22.00 WIB. Untuk hari Selasa (4/5) transaksi dapat dilakukan sampai dengan pukul 24.00 WIB. Layanan yang diberikan di kantor IZI berupa pembayaran ZIS cash, dan debit via CED serta scan QR code Go-pay untuk infak. Sementara itu bisa juga melalui aplikasi linkAja untuk zakat dan infak. Fasilitas tambahan yang juga disediakan IZI yaitu, Konsultasi Zakat.

Selain layanan pembayaran di kantor, IZI juga menyediakan pembayaran ZIS Jemput Zakat. Jumput Zakat tersebut bisa menghubungi atau mengirim pesan melalui nomor 081220304021. Layanan Jemput Zakat sendiri tersedia dari pukul 08.00 s.d 22.00 WIB. Mudah-mudahan dengan berbagai layanan yang tersedia dapat memudahkan masyarakat dalam membayar ZIS.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6776 seconds (0.1#10.140)