Literasi Digital Jaga Medsos dari Ujaran Kebencian

Kamis, 07 Februari 2019 - 11:59 WIB
Literasi Digital Jaga Medsos dari Ujaran Kebencian
Literasi Digital Jaga Medsos dari Ujaran Kebencian
A A A
JAKARTA - Kejahatan dan gangguan keamanan tidak hanya terjadi di lingkungan sosial, tetapi juga lingkungan media sosial (medsos).

Hal ini seiring dengan semakin ramainya pergaulan sosial di dunia maya. Oleh karena itu, perlunya patroli atau "ronda" digital oleh generasi digital milenial untuk menjaga lingkungan medsos bebas dari kejahatan dan pengganggu keamanan di ruang maya.

Pengamat medsos, Rulli Nasrullah mengatakan, literasi digital merupakan titik terpenting yang harus dipahami para generasi milenial untuk menjaga lingkungan medsos di tengah maraknya ujaran kebencian di dunia maya.

Literasi digital tidak sekadar menunjukkan setiap orang bisa menggunakan medsos dan media-media internet lainnya, namun juga cakap dalam memanfaatkan teknologi dan perangkatnya.

“Literasi digital juga mensyaratkan setiap pengguna untuk bertanggung jawab terhadap konten di medsos itu sendiri. Karena pada kenyataannya, misalkan walau medsos itu akunnya bersifat pribadi dalam pengertian dibangun dan dimiliki oleh pengguna itu sendiri, namun konten yang diunggah pada dasarnya bersifat mass-self communication,” ujar Rulli di Jakarta, Rabu 6 Februari 2019.

Dia menjelaskan, setiap orang yang terhubung dengan akun tersebut dan dalam jaringannya pada dasarnya bisa mengakses konten tersebut. Karena itu, konten dan perilaku dalam dunia digital tidak bisa serta-merta diklaim sebagai aktivitas pribadi dan berada di ruang privasi semata.

“Apalagi secara nama juga disebut sebagai ‘media sosial’ sehingga media yang digunakan seperti Twitter atau Facebook merupakan media untuk berkehidupan sosial dalam ranah online. Ini menunjukkan ada nilai-nilai dalam masyarakat offline yang juga harus dibawa dalam kehidupan masyarakat online walau dalam beberapa kasus banyak bermunculan nilai-nilai dan etika yang baru terkait budaya digital itu sendiri,” tutur Rulli.

Sejalan dengan pentingnya litearisi digital, kata dia, ada upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dalam menyosialisasikan pentingnya literasi digital.
Hal ini, menurut dia, sebagai salah satu upaya untuk mendorong para generasi milenial ini untuk mau melakukan siskamling medsos atau menjadi hansip online dan melaporkan akun dan konten negatif.

“Kebetulan saya menjadi salah satu perumus dalam membuat panduan literasi digital. Rumusan yang menjadi panduan literasi digital tidak hanya untuk individu, melainkan juga panduan literasi digital di sekolah, bagi guru, siswa dan literasi digital bagi keluarga," tandasnya.

Secara garis besar, sambung Rulli, ranah keluarga dan sekolah menjadi modal dasar dalam penerapan dan munculnya rasa tanggung jawab untuk memahami literasi digital untuk mewujudkan iklim medsos yang ramah dan bertanggung jawab. Dengan demikian, penyebaran literasi digital bisa semakin diterapkan di tengah masyarakat.

“Tanggung jawab bersama inilah, yang dimulai dari keluarga dan sekolah, tentunya menjadi tanggung jawab setiap warga negara Indonesia untuk menciptakan kedamaian di medsos,” ujarnya.

Dia mengatakan, tanggung jawab dalam menggunakan fasilitas medsos perlu dipahami oleh generasi milenial agar tidak hanya diam atau pasif ketika ada akun atau konten negatif di medsos.
Dia melanjutkan, caranya dengan tidak ikut berkomentar terhadap konten negatif tersebut serta tidak ikut menyebarkan konten negatif. Jika ingin berkomentar atau menyebarkan konten, selalu melakukan cek dan klarifikasi terhadap konten melalui situs-situs resmi atau saluran resmi lainnya, serta melaporkan konten ke pengelola atau adiministrasi medsos.

“Melaporkan konten secara digital itu mudah. Contohnya jika sebuah akun dan konten negatif muncul dan saat membuka medsos di telepon genggam, akan ada titik tiga di atas status Facebook Pengguna tinggal mengklik dan melaporkan isi konten tersebut. Apabila banyak yang melaporkan melalui mekanisme tersebut, maka konten atau bahkan akun yang bersangkutan bisa dibekukan, dihilangkan, atau dihapus sama sekali,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, di tengah situasi politik yang semakin memanas, masyarakat juga harus bisa menahan diri agar tidak mudah terprovokasi terhadap hasutan kebencian yang ada di medsos.
Menurut Rulli, pelaporan atau aduan terhadap delik medsos ke ranah hukum diperlukan. Tetapi akan tetapi akan jauh lebih penting apabila masyarakat bersama-sama menjaga iklim kebaikan di medsos itu sendiri.

Dia menjelaskan, pengguna medsos juga harus belajar dalam mengungkapkan keberpihakan yang sah-sah saja dalam alam demokrasi, belajar untuk beradu pendapat melalui medsos dan juga belajar untuk menghadapi beragam konten di medsos itu sendiri.

“Saya percaya kita sedang belajar banyak dalam menggunakan medsos. Yang terpenting adalah kesadaran masyarakat itu sendiri yang harus ditumbuhkan tentang bahayanya konten dan akun negatif di medsos, sehingga akan banyak persoalan-persoalan yang bisa diselesaikan apabila banyak akun baik yang melawan akun negatif,” tutur Rulli.

Ruli mengatakan, peran generasi milenial ini sangat diperlukan untuk dapat membantu menyebarkan konten positif di medsos demi menjaga kerukunan antarmasyarakat dari pengaruh ujaran kebencian.
Hal ini dikatakannya merujuk pada hasil riset yang menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia selalu meningkat dalam sisi jumlah. Ditambah lagi bahwa era saat ini adalah eranya generasi milenial yang berciri khas bebas berpendapat, banyak berkreasi konten serta memunculkan budaya-budaya internet yang baru dan khususnya untuk generasi milienial itu sendiri.

“Ini karena pengguna medsos bisa dikatakan cenderung banyak dimiliki dan dimainkan oleh generasi muda. Dengan demikian, sangat penting bagi generasi milenial yang untuk membantu menyebarkan konten positif. Melalui konten kreatif dan bahasa yang sesuai dengan generasinya tentunya menjadi lebih mudah penyebaran konten positif tersebut,” kata pria yang juga menulis buku tentang Media Sosial dan Media Siber ini.

Menurut dia, peran pemerintah juga sangat penting untuk ikut berperan mengajak para generasi milenial mengampayekan ronda digital dan hari bebas kebencian di medsos untuk perdamaian bangsa.

Dia menjelaskan, selama ini sudah banyak yang dilakukan pemerintah dalam menyiapkan, menyosialisasikan dan mengajak generasi milenial untuk ikut dalam menjaga kebaikan di medsos disamping peran seperti sekolah, keluarga, dan masyarakat itu sendiri..

“Namun, tetap saja dengan keterbatasan sarana dan SDM, masyarakat tentunya juga ikut berpartisipasi aktif dalam literasi digital tersebut. Konektivitas di berbagai lapisan ini akan menjadi efektif dalam mengkampayekan Hari Bebas Kebencian sebagai upaya melakukan ronda digital di medsos untuk menjaga perdamaian di masyarkat itu sendiri,” tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5886 seconds (0.1#10.140)