Investasi Kini Sudah Jadi Gaya Hidup Sebagian Orang

Selasa, 06 November 2018 - 13:05 WIB
Investasi Kini Sudah Jadi Gaya Hidup Sebagian Orang
Investasi Kini Sudah Jadi Gaya Hidup Sebagian Orang
A A A
JAKARTA - Di tengah kondisi saat ini, masyarakat diharapkan bisa cerdas dan jeli dalam melihat segala peluang. Sehingga meski di tengah kondisi terhimpit, masyarakat bisa memanfaatkan sektor lainnya yang sudah diinvestaskian.

Investasi sepertinya sudah bukan hal yang asing lagi, bahkan investasi sudah mulai menjadi bagian dari gaya hidup bagi sebagian orang. Lalu apa tujuan dari berinvestasi, tujuan dari berinvestasi adalah untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Investasi dibedakan jadi 2 jenis yaitu investasi non residential, contohnya yaitu berupa mesin atau pabrik, dan investasi residential yaitu rumah.

Jenis produk investasi yang banyak dipilih umumnya berupa surat berharga, saham atau obligasi, reksadana, rumah, tanah dan lainnya. Setiap orang pasti memiliki alasan tersendiri dalam memilih jenis investasi dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik usaha.

Di era globalisasi, akses teknologi untuk masyarakat yang berniat menjadi investor sudah semakin mudah dan cepat. Sudah banyak layanan investasi online yang tersedia lewat perusahaan P2P Lending di Indonesia yang bisa dinikmati oleh masyarakat bahkan lewat aplikasi smartphone.

Layanan investasi online ini sebagaimana termuat dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 , menjelaskan, perusahaan atau lembaga keuangan penyedia layanan tersebut harus sudah terdaftar agar bisa secara resmi memberikan pinjaman ke masyarakat. Jadi Anda sebagai seorang investor tidak perlu khawatir lagi bila ingin mengajukan investasi online lewat layanan ini.

Investasi dalam kehidupan finansial tentu akan sangat berkaitan. Masing-masing jenis investasi memiliki tujuan finansial yang berbeda-beda. Jadi, tidak heran jika pada saat setiap orang memilih investasi, akan disesuaikan dengan tujuan finansial setiap orang.

Contohnya saja, seperti investasi di properti seperti tanah, ruko, toko dan rumah. Karena harga tanah yang terus meningkat seiring berjalan waktu, maka investasi tanah jelas akan sangat menguntungkan.

Ada juga sebagian orang yang menginvestasikan uangnya untuk dunia pendidikan, baik untuk pribadi sendiri, pasangan dan anak-anak. Hal ini berhubungan dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang dan kemajuan pendidikan yang semakin tinggi. Dengan pendidikan yang tinggi, seseorang akan bisa memiliki pekerjaan yang mapan dan penghasilan yang tinggi pula di masa depan.

Beberapa penyebab gagalnya investasi bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti bencana alam, faktor personal, krisis moneter, penipuan dan faktor lainnya.

Ciri-ciri Investasi Sehat. Tidak hanya fisik saja yang harus sehat, tapi investasi juga. Investasi yang sehat bisa dilihat dari dasar hukumnya. Apapun jenis investasinya, investasi yang sehat akan memiliki badan hukum yang legal.

Jangan mau memilih investasi yang tidak sehat serta merugikan, oleh karena itu pilihlah investasi yang memiliki ciri-ciri yakni, punya dasar hukum yang kuat, potensi untuk menghasilkan uang tinggi, mekanisme yang mudah dipahami, banyak dipilih oleh investor lainnya, dipercaya oleh masyarakat, memiliki ragam testimoni dari nasabah.

Ada sejumlah manfaat investasi terhadap kehidupan finansial. Besarnya manfaat dari investasi tersebut bergantung dari seberapa besarkah persentase uang pribadi yang Anda diinvestasikan.

Berikut beberapa manfaat dari investasi bagi finansial ada tiga. Pertama menambah peluang penghasilan, kedua memperluas wawasan tentang sumber dana, dan ketiga meningkatkan kebijakan dalam mengeksekusi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6328 seconds (0.1#10.140)