Jurnalis Senior Ini Ingin Memperjuangkan Kesejahteraan Masyarakat

Selasa, 16 Oktober 2018 - 16:23 WIB
Jurnalis Senior Ini...
Jurnalis Senior Ini Ingin Memperjuangkan Kesejahteraan Masyarakat
A A A
JAKARTA - Daftar calon legislative (caleg) yang akan bertarung dalam Pemilu 2019 sudah ditentukan. Para caleg ini mengusung sejumlah visi misi demi kesejahteraan masyarakat, khususnya konstituennya.

Tak terkecuali Danang Sangga Buwana, caleg Perindo nomor urut 4. Ia akan bertarung di daerah pemilihan Jember dan Lumajang. Sosok muda ini berusaha memperjuangkan aspirasi masyarakat di bidang pendidikan , keagamaan, pemberdayaan rakyat miskin, pertanian, perikanan, UKM, seni dan budaya serta pelestarian Lingkungan hidup.

Danang juga menyiapkan sembilan program strategis. Pertama, meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur lembaga pendidikan melalui program pembangunan kelas baru, program kelengkapan fasilitas belajar mengajar, meningkatkan kualititas pendidikan (training, kursus singkat). Termasuk beasiswa berkala bagi peserta didik yang potensial namun tidak mampu.

Kedua, pengembangan dan memajukan keagamaan masyarakat. Ketiga, pengembangan dan memajukan bidang pertanian. Keempat, mengembangkan dan memajukan bidang perdagangan.

Kelima, mengembangkan dan memajukan bidang peternakan. Keenam, mengembangkan dan memajukan bidang kesehatan. Ketujuh, mengembangkan dan memajukan bidang sosial, budaya, dan kesenian lokal.

Kedelapan, mengurangi jumlah masyarakat miskin. Caranya memberikan bantuan pendirian rumah atau bedah rumah layak huni beserta perabotnya. “Juga bantuan pemberian lapangan kerja dan perlindungan kesehatan masyarakat yang kurang mampu termasuk difable,” katanya, seperti dikutip dari Facebook pribadinya.

Kesembilan, melestarikan lingkungan hidup melalui bantuan bibit tanaman hutan produktif dan penguatan tenaga terampil untuk menunjang kegiatan pelestarian lingkungan.

Danang memiliki segudang pengalaman di bidang jurnalistik. Pada 1998 bergabung dan ikut mendirikan media online detik.com hingga 2004. Perjalanan hidup terus berlanjut dengan bergabung menjadi penanggungjawab program news, feature dan infotainment di Golbal TV Jakarta. Hingga bergabung kembali ke MNC Holding.

Sejumlah media asing yang pernah menggunakan kepiawaian jurnalistik antara lain Associated Press, AP dan Blomberg kantor berita Amerika Serikat, Jiji Pers Kantor berita Jepang. Danang juga aktif di Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Jakarta sebagai sekretaris umum dan ketua Depertemen Televisi Ikatan Sarjana Komunikasi (ISKI) Pusat.

Perjalanan hidup berlanjut, Komisi 1 DPR RI memilih Danang Sanggga Buwana sebagai komisioner pada Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPIP), sebuah lembaga negara independen yang bertugas mengawasi lembaga penyiaran televisi dan radio.

Penetapan sebagai komisioner KPIP ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selama di KPIP ia mewakili Indonesia untuk belajar dan studi kelayakan di sejumlah negara antara lain Perancis, Belanda, Jerman dan Australia tentang penyiaran dan teknologi informasi.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)