Kepedulian Sesama Perkecil Kesenjangan Sosial

Senin, 04 Juni 2018 - 12:50 WIB
Kepedulian Sesama Perkecil Kesenjangan Sosial
Kepedulian Sesama Perkecil Kesenjangan Sosial
A A A
JAKARTA - Berbagai kegiatan di Ramadhan dapat mendorong kepedulian sosial di antara warga bangsa. Jika kepedulian tersebut terus tumbuh, kesenjangan sosial yang saat ini terjadi di Tanah Air bisa perlahan akan teratasi.

Saat ini berbagai kegiatan ibadah Ramadhan mulai dari kegiatan tarawih bersama, menahan haus dan lapar di siang hari, hingga buka puasa bersama secara tidak langsung mengajarkan umat Islam akan pentingnya hidup bersama.

Dalam berbagai kegiatan ibadah tersebut seorang muslim belajar untuk menjalin solidaritas bersama. “Berbagai kegiatan ibadah di Bulan Suci mengajarkan kepada kita akan pentingnya keber sama an bahwa hidup itu akan lebih indah jika kita lakukan dalam suasana kebersamaan di mana kita bisa peduli satu de ngan yang lain,” ucap Ketua DPR Bambang Soesatyo saat menghadiri buka puasa bersama 1.000 anak bangsa yang diselenggarakan Presiden Mclaren Club Indonesia Ahmad Sahroni di kawasan Jakarta Utara kemarin.

Dia mengatakan, semakin kuat nilai solidaritas dan kepedulian sosial akan membawa efek memperkecil jurang antara si kaya dan si miskin. Kemiskinan yang mendera masyarakat selama ini telah melahirkan banyak kaum dhuafa (kaum lemah) dan kaum mustadh’afin (kaum tertindas). Kegiatan buka puasa bersama yang biasa terjadi setiap bulan Ramadhan bisa menumbuhkembangkan nilai-nilai solidaritas sosial antarsesama.“Nilai-nilai solidaritas dan kepedulian sosial yang kini tampak kabur harus kita pupuk kembali. Momen buka puasa de ngan berbagai kalangan seperti ini, terlebih sambil menyantuni anak-anak kita yang yatim dan piatu, akan menumbuhkan kasih sayang dan kebersamaan dalam bingkai silaturahmi,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini mengatakan, kegiatan berbagi terhadap sesama merupakan salah cara efektif untuk memperkaya kekuatan batin individu sekaligus memberikan kemanfaatan bagi orang lain. Jika sikap ini dikembangkan dengan memperluas makna berbagi yang tidak lagi sekadar materi, tetapi juga ilmu, pengalaman, dan akses, akan mempercepat proses untuk memangkas kesenjangan sosial di Indonesia.

Sementara itu, Ahmad Sahroni yang juga tercatat sebagai anggota Komisi III DPR mengungkapkan, buka puasa bersama tersebut menjadi momentum klub Mc’larens untuk berbagi dengan sesama, khususnya anak yatim.

“Ramadhan ini menjadi momentum kami yang tergabung dalam klub pemilik mobil Mc’larens untuk berbagi ke sesama. Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap tahun,” ucapnya. (Mula Akmal)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3855 seconds (0.1#10.140)