SINDO Award 2018 Bersama Membangun Indonesia

Jum'at, 06 April 2018 - 06:23 WIB
SINDO Award 2018 Bersama Membangun Indonesia
SINDO Award 2018 Bersama Membangun Indonesia
A A A
JAKARTA - Sebanyak 27 kepala daerah dan 8 tokoh inspiratif menerima penghargaan SINDO Goverment Award 2018 dari majalah SINDO Weekly atas keberhasilan membangun daerahnya di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pariwisata dan lainnya.

"Kita berjuang bersama untuk Indonesia yang berkemajuan dan sejahtera," ujar Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Ajang penghargaan yang berlangsung untuk kelima kalinya itu merupakan bentuk apresiasi, sekaligus inspirasi dan motivasi bagi kepala daerah lain untuk terus berinovasi demi kemajuan daerahnya.

Daerah-daerah yang maju akan menjadi pilar pembangunan Indonesia. "Indonesia butuh banyak kepala daerah progresif berprestasi, Indonesia maju kalau mayoritas daerah maju," kata HT.

"Kita angkat kesejahteraan rakyat agar makin banyak masyarakat produktif membangun daerahnya, menciptakan lapangan kerja baru," tuturnya. Agar daerah maju, lanjut HT, masyarakatnya terutama kalangan menengah ke bawah harus dibangun dengan keberpihakan yang memberikan kesempatan masyarakat menengah bawah untuk berkembang dan maju.

Kebutuhan lapangan kerja baru, lanjutnya, sangat dibutuhkan karena Indonesia mengalami bonus demografi. Pertumbuhan pemberi kerja harus lebih cepat dari pertumbuhan pencari kerja agar kesejahteraan meningkat.

Bukan hanya menciptakan lapangan kerja, makin banyaknya masyarakat produktif akan menghadirkan pembayar pajak baru. Pajak sangat dibutuhkan, karena selama ini 2/3 dana pembangunan berasal dari pajak.

Salah satu penerima SINDO Weekly Goverment Award 2018 adalah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Pria berkacamata itu meraih penghargaan kategori pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Terima kasih kepada Sindo yang telah memberikan apresiasi. Ini memberikan dukungan motivasi kepada kami untuk terus meningkatkan upaya-upaya yang telah kami lakukan, memperbaiki yang kurang supaya lebih baik,” ungkapnya.

Menurutnya, Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi dengan UMKM terbanyak. Agar mereka bisa berkembang menjadi besar, berbagai langkah dilakukannya salah satunya berkerja sama dengan BUMD untuk memberikan pinjaman modal yang disalurkan melalui bank daerah.

“Di Sumatera Barat, jumlah pengusaha mikronya 84%, yang kecil 15,2%, yang menengah 0,8%. Kita membackup mereka untuk penjaminan dengan perusahaan daerah, namanya penjaminan kredit daerah (Jamkrida) sehingga mereka bisa pinjam modal dari bank dengan jaminan dari kita,” terangnya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi SINDO Weekly Nevy Hetharia berharap penghargaan yang diberikan mendorong peningkatan kinerja dan pelayanan pemerintah daerah. “Selain itu bisa menjadi rujukan dan motivasi bagi daerah lain untuk meningkatkan kinerjanya. Selamat, dan terus berinovasi agar bisa menginspirasi pimpin lainnya,” katanya.

Nevy menambahkan, selain mengapresiasi kinerja kepala daerah SINDO Weekly juga mengapresiasi para tokoh di daerah yang menjadi inspirasi bagi kepala daerah lainnya. Juga memberikan penghargaan khusus Adi Paripurna Bhakti kepada kepala daerah yang sudah menjalani dua periode kepemimpinan dengan prestasi gemilang.

“Penghargaan Adi Paripurna Bhakti merupakan apresiasi tertinggi. Mereka adalah pimpinan daerah yang harus menyelesaikan pengabdiannya karena dibatasi undang-undang. Padahal mengutip hasil survei Kementerian Dalam Negeri, mereka sesungguhnya masih diinginkan masyarakat untuk menjadi kepala daerah,” pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7509 seconds (0.1#10.140)