Tingkatkan Kualitas Petugas Manasik, Kemenag Gandeng UIN Sunan Kalijaga

Senin, 19 Maret 2018 - 02:01 WIB
Tingkatkan Kualitas Petugas Manasik, Kemenag Gandeng UIN Sunan Kalijaga
Tingkatkan Kualitas Petugas Manasik, Kemenag Gandeng UIN Sunan Kalijaga
A A A
SLEMAN - Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta untuk penyelenggaran sertifikasi pembimbing manasik haji. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag melakukan penandatanganan MoU pelaksanaan program sertifikasi pembimbing manasik haji dengan UIN Suka Yogyakarta di kampus setempat, akhir pekan lalu.

Dirjen PHU Kemenag Nizar mengatakan, selain untuk meningkatkan mutu pembimbingan manasik haji dan pendampingan pelaksanaan ibadah haji dan umroh di Indonesia, pendidikan sertifikasi ini juga untuk mempermudah komunikasi antara calon jemaah haji dan umroh dengan Dirjen penyelenggara.

“Diharapkan dengan langkah ini pelaksanaan haji dan umrah semakin meningkat kualitasnya,” kata Nizar.

Menurut Nizar, untuk meningkatkan pelayanan penyelenggaran haji, pihaknya juga akan menerbitkan akun atau aplikasi secara online, yaitu E-Rekon dan E-Patuh. Dimana dengan sistem ini, dapat mendeteksi kelengkapan administrasi calon jemaah secara langsung, seperti visa, paspor dan dokumen lainnya.

“Kami juga akan bekerja sama dengan Polri, untuk menertibkan Biro Penyelenggara Perjalanan Haji dan Umrah yang nakal,” paparnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Suka Yogyakarta, Waryono Abdul Ghofur mengatakan, selain sebagai penyelenggara kegiatan sertifikasi haji, pihaknya mempunyai wewenang menyusun kompetensi, kurikulum, materi, dan proses pembelajaran selama pendidikan sertifikasi.

“Agar pelaksanaan pendidikan bisa berlangsung maksimal, maka Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah akan melaksanakan monitoring dan evaluasi,” jelasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5657 seconds (0.1#10.140)