Presiden Jokowi Akan Rutin Kunjungi Situ Cisanti

Jum'at, 23 Februari 2018 - 03:02 WIB
Presiden Jokowi Akan...
Presiden Jokowi Akan Rutin Kunjungi Situ Cisanti
A A A
BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memastikan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dapat terlaksana secara konsisten. Bahkan, guna memastikan hal tersebut presiden pun bakal mengunjungi Situ Cisanti, Desa Tarumjaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, secara rutin antara tiga hingga enam bulan sekali.

"Rehabilitasi DAS Citarum akan terselesaikan dalam waktu 7 tahun, jika hulu hingga hilir bersama-sama memulihkan Sungai Citarum. Rehabilitasi pada beberapa unsur, seperti lahan, limbah, dan polusi industri akan dikerjakan oleh pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota serta tokoh masyarakat dengan bergotong-royong dan terintegrasi," ungkap Jokowi saat kunjungan ke Situ Cisanti, Kamis (22/2/2018).

Kunjungan Presiden Jokowi diawali dengan penanaman pohon manglid dilanjutkan dengan meninjau Situ Cisanti sebagai mata air dan hulu dari Sungai Citarum. Pada kesempatan tersebut, Presiden yang didampingi Direktur Utama Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro melepas burung Elang Jawa dan berdiskusi publik dengan para tokoh masyarakat Jawa Barat.

Sementara itu, Perum Jasa Tirta II sebagai BUMN pengelola DAS Citarum berupaya untuk turut menjaga dan melestarikan DAS Citarum yang diwujudkan dalam program penataan sungai mati (oxbow). Selain melibatkan masyarakat sekitar Sungai Citarum untuk tetap menjaga kualitas air.

Salah satunya dengan cara menekan pembuangan kotoran hewan ke sungai. Kotoran tersebut dimanfaatkan untuk pembuatan biogas.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)