Gubernur Jawa Timur Ingin Industri Lokal Bisa Berkembang Pesat

Kamis, 25 Januari 2018 - 16:12 WIB
Gubernur Jawa Timur Ingin Industri Lokal Bisa Berkembang Pesat
Gubernur Jawa Timur Ingin Industri Lokal Bisa Berkembang Pesat
A A A
Gubernur Jawa Timur Soekarwo menginginkan industri lokal di wilayahnya tumbuh diatas rata-rata. Hal demikian dikatakan pria yang akrab disapa Pak De Karwo ini dalam acara Indonesia Visionary Leader Jilid II di Gedung SINDO, Jakarta.

"Saya kemarin membuat rencana induk pembangunan industri yang bisa memberikan kenaikan melompat," kata Pak De Karwo, Kamis (25/1/2018).

Sebab kata dia, hanya industri yang bisa meningkat signifikan. "Dan itu lah yang bisa quantum kemudian. Oleh sebab itu bagaimana industri tumbuh lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan," tuturnya.

Adapun persoalan terkait industri, kata dia, adalah bahan baku, teknologi dan sumber daya manusia.

"Terakhir tadi yang saya sampaikan mengenai skema pembiayaan. Agar yang menengah kecil dan mikro ini bisa kompetisi, yang jadi goverment enggak bisa diserahkan ke pasar," paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, agar industri kecil itu bisa ikut berkompetisi, maka suku bunganya harus rendah. "Pasarnya harus difasilitasi, diajak oleh pemerintah. Itu yang harus dilakukan," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, industri kecil tidak boleh dikenakan pajak. "Wong kecil dikenakan pajak dia enggak bisa kompetisi," ucapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7414 seconds (0.1#10.140)