Menebak Pesan di Balik Kaus Lengan Panjang Jokowi

Kamis, 04 Januari 2018 - 13:02 WIB
Menebak Pesan di Balik Kaus Lengan Panjang Jokowi
Menebak Pesan di Balik Kaus Lengan Panjang Jokowi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan penampilan berbeda saat meresmikan kereta Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa 2 Januari 2018.

Jauh dari kesan formal, mantan Wali Kota Solo itu terlihat santai mengenakan kaus merah dengan lengan digulung, celana hitam dan sepatu kets merah.

Penampilan Jokowi terlihat kontras dibandingkan gaya berpakaian para pejabat yang hadir acara tersebut yang kebanyakan mengenakan kemeja batik. Kira-kira apa yang ingin ditunjukan Jokowi dengan penampilan seperti itu?

Pskikolog dari Universitas Pancasila, Aully Grashinta menilai Jokowi ingin menunjukkan ciri kepribadiannya dengan cara-cara yang bagi sebagian orang dianggap nyeleneh.

Menurut Shinta, penampilan Jokowi yang mengenakan kaus jangan diartikan salah kostum. "Tapi apa yang dikerjakannya selalu memiliki makna dibanding apa yang terlihat," kata Shinta, Rabu 3 Januari 2018.

Melalui penampilannya saat itu, kata dia, Jokowi sepertinya ingin menunjukkan konsep hidup harus berwarna dan tidak perlu sesuai dengan protokoler.

"Dengan berpakaian ‘berbeda’ ini seolah beliau ingin menunjukkan terobosan yang dilakukan melalui kesederhanaan. Beliau menempatkan diri sebagai rakyat biasa yang ingin mencicipi fasilitas atas pajak pembangunan yang digunakan secara tepat," tutur Shinta.
Menebak Pesan di Balik Kaus Lengan Panjang Jokowi


Dengan cara ini beliau juga menyampaikan pesan don’t judge the book by its cover atau jangan menilai orang dari penampilannya.

Shinta juga mengamati gaya berpakaian Jokowi dalam berbagai momentum yang sering mengenakan kemeja putih dengan lengan digulung. Gaya berpakaian seperti itu dinilainya menunjukkan kesan kesederhanaan, bersih, tidak ‘ribet’ sekaligus menunjukkan seorang pekerja.

Gaya kasual Jokowi menjadi perhatian wartawan yang meliput acara peresmian kereta bandara. "Masak mau naik kereta api ke stasiun pakai jas," jawab Jokowi saat itu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7110 seconds (0.1#10.140)