Survei PolMark: Belum Ada Capres Alternatif Selain Jokowi-Prabowo

Senin, 18 Desember 2017 - 17:19 WIB
Survei PolMark: Belum Ada Capres Alternatif Selain Jokowi-Prabowo
Survei PolMark: Belum Ada Capres Alternatif Selain Jokowi-Prabowo
A A A
JAKARTA - CEO dan Founder PolMark Indonesia Eep Saefullah Fatah menyatakan belum ada calon presiden alternatif selain Joko Widodo dan Prabowo Subianto untuk bertarung di Pilpres 2019 nanti.

Belum adanya calon alternatif tersebut seperti terpotret dalam pemaparan hasil survei politik PolMark Indonesia di SCBD, Jakarta Selatan, Senin (18/12/2017).

Melalui pertanyaan spontan soal kandidat calon presiden dalam survei PolMark Indonesia, Jokowi dipilih oleh 41% responden. Sementara Prabowo Subianto dipilih oleh 15,9%.

Bila pertanyaan yang diajukan kepada responden dengan alat bantu, Jokowi dipilih oleh 50,2% responden dan Prabowo dipilih 22% responden.

"Sampai hari ini belum ada calon alternatif. Kami sudah memberikan simulasi sejumlah nama, tapi belum juga muncul," kata Eep.

Dalam survei elektabilitas calon presiden, terpaut jauh di bawah Jokowi dan Prabowo, ada nama Agus Harimurti Yudhoyono (1,2%), Hary Tanoesoedibjo (1,0%), Anies Baswedan (0,9%), Gatot Nurmantyo (0,7%), dan Basuki Tjahaja Purnama (0,3%).

Meski saat ini belum ada calon presiden alternatif, Eep optimis akan ada kejutan di masa yang akan datang. "Dalam demokrasi dan politik pasti ada kejutan. Tapi untuk saat ini belum ada," kata Eep.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1411 seconds (0.1#10.140)