Golkar Dukung Penuh Hadi Tjahjanto Gantikan Gatot Nurmantyo

Selasa, 05 Desember 2017 - 14:24 WIB
Golkar Dukung Penuh...
Golkar Dukung Penuh Hadi Tjahjanto Gantikan Gatot Nurmantyo
A A A
JAKARTA - Uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test) Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon tunggal Panglima TNI bakal digelar Komisi I DPR dalam waktu dekat. Dalam fit and proper test nantinya, Fraksi Partai Golkar bakal menyetujui Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Golkar sudah jelas akan mendukung pilihan calon panglima yang dikirimkan presiden," ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Meutya Hafid di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Kendati demikian, dia mengaku tidak mengetahui apakah fit and proper test Hadi Tjahjanto nantinya bisa berjalan mulus atau tidak. "Tapi dari Golkar sudah ada arahan dari Plt ketua umum (Idrus Marham, red) untuk mendukung sepenuhnya," ucap wakil ketua Komisi I DPR ini.

Kata dia, Partai Golkar meyakini bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mempertimbangkan secara matang dalam memutuskan Hadi Tjahjanto sebagai calon tunggal Panglima TNI. Terlebih Hadi Tjahjanto memiliki track record yang bagus.

"Tapi memang secara track record juga Pak KASAU calon panglima kita anggap punya karir yang bagus, track record yang sampai saat ini kita belum terima catatan yang buruk terkait beliau," paparnya.

Selain itu, kata dia, Hadi Tjahjanto merupakan salah satu prajurit TNI yang karirnya cukup melesat cepat. "Sehingga saya rasa tidak terlalu cukup masalah. Kalau dari Fraksi Golkar mendukung sepenuhnya," ucapnya.

Adapun Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang. Pagi kemarin, Presiden Jokowi sudah menyerahkan nama Hadi Tjahjanto sebagai calon tunggal Panglima TNI kepada DPR melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)