Binus Mengembangkan Kurikulum RISE dari Harvard University

Jum'at, 01 Desember 2017 - 18:52 WIB
Binus Mengembangkan Kurikulum RISE dari Harvard University
Binus Mengembangkan Kurikulum RISE dari Harvard University
A A A
KURIKULUM RISE yang dikembangkan di Harvard University, Amerika Serikat, kini dikembangkan di Universitas Bina Nusantara (Binus). Kurikulum ini menggabungkan konten pembelajaran lingkungan belajar, dan pendekatan pembelajaran yang tepat bagi anak-anak agar dapat belajar bahasa Inggris dengan efisien.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 ini menyatakan bahwa bahasa Inggris adalah “essential language of commerce and society”, yaitu menekankan peran bahasa Inggris sebagai bahasa yang penting di kehidupan zaman sekarang.

Selain inovatif, program-program yang ditawarkan RISE juga bersifat progresif, melepaskan diri dari tradisi pengajaran yang konvensional yang amat dibutuhkan pada abad ke-21 ini. RISE menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyeluruh, memberikan kesempatan pada anak-anak untuk bereksplorasi dan berinteraksi, bukan hanya belajar dari buku cetak saja.

Program pembelajaran bahasa Inggris di RISE sesuai dengan tuntutan kebutuhan pendidikan masa kini dengan menggabungkan semua prinsip-prinsip kunci yang dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris yang efektif.

Terdapat empat prinsip yang digunakan dalam sistem pembelajaran RISE. Pertama, oral language yang dibutuhkan sebagai landasan dan pintu gerbang untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menulis yang efektif.

Kedua, strong reading and writing skills, dibutuhkan oleh anak untuk siap menghadapi paparan topik dan ide-ide yang kompleks. Ketiga, speaking, listening, reading and writing skills, diajarkan kepada anak melalui penggunaan dan praktek sehari-hari. Keempat, student engagement, digunakan sebagai inti dari pembelajaran 21st century language-learning

“Dalam kurikulum RISE, kami mengembangkan potensi berkomunikasi dan berpikir anak yang akan berkontribusi tinggi terhadap masa depan negara ini, juga dunia. RISE tidak bisa mengesampingkan pentingnya kemampuan mereka untuk saling terhubung, untuk menyelesaikan masalah dan memimpin,” kata Business & Project Manager Binus, Stella Lestari.

Stella mengatakan, RISE hadir untuk menjadi bagian dari pengembangan para pemimpin masa depan. RISE juga melihat nilai-nilai yang baik dari anggota keluarga yang selalu mendukung.

“Kami bangga kepada mereka yang telah melakukan banyak hal untuk berkembang bersama sebagai bagian dari RISE Indonesia. Banyak pertanyaan tentang parenting dan saran dalam mendidik, yang tentunya RISE dengan senang hati akan selalu terbuka untuk bekerja bersama dalam menciptakan lingkungan belajar terbaik di RISE maupun di rumah,” ujarnya.

RISE menyuguhkan pengalaman belajar yang interaktif and berbasis teknologi menggunakan kurikulum yang telah dipakai di banyak sekolah terkemuka di Amerika Serikat dan juga negara-negara lainnya seperti China, Korea, Hong Kong, Jepang, Thailand, dan Saudi Arabia. Kurikulum RISE fokus pada 5 kunci utama dalam perkembangan anak, yaitu komunikasi, pengembangan konsep, pola pikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas. [ak]
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3286 seconds (0.1#10.140)