Jokowi Meminta Para Orang Tua Ajarkan Anak Meneladani Rasulullah

Jum'at, 01 Desember 2017 - 08:57 WIB
Jokowi Meminta Para Orang Tua Ajarkan Anak Meneladani Rasulullah
Jokowi Meminta Para Orang Tua Ajarkan Anak Meneladani Rasulullah
A A A
BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan maulid Nabi Muhammad 1439 Hijriah bersama para pejabat negara dan anak yatim di Istana Bogor. Jokowi meminta kepada seluruh orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya agar meneladani sikap dan akhlak Nabi Muhammad SAW.

Ketauladan Nabi Muhammad, kata dia, akan mengajarkan anak berlaku adil, menghormati orang lain, hingga menghormati dan menjaga penegekan hukum di Indonesia.

"Kita harus mengajarkan kepada anak-anak kita untuk meneladani Rasulullah yang uswatun hasanah, yang berwatak mulia, yang lemah lembut, yang jujur, yang santun, yang amanah, yang selalu menyampaikan kebenaran," ujar Jokowi saat perayaan Maulid Nabi di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/11/2017) malam.

Kepala Negara juga meminta seluruh umat Islam bekerja keras guna menciptakan 'Madinah'‎ baru di Indonesia. Sebab, berdasarkan catatan sejarah Madinah merupakan Kota Madani yang menjadi teladan umat manusia dunia disaat kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

"Kita berkomitmen dan bekerja keras untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah kita, ukhuwah wathaniah kita, ukhuwah insaniyah, dan ukuwah basariah kita," jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, dengan meneladani sikap Nabi Muhammad dapat ‎menirukan sistem perekonomian berkeadilan yang dibangun saat memimpin Madinah. Dengan begitu, lanjut Jokowi, masyarakat mampu akan wajib membantu masyarakat yang memiliki ekonomi yang lemah di Indonesia.

"Dan itulah semangat dari keberadaan lembaga keuangan Bank Wakaf Mikro yang memberikan kemudahan bagi usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah milik umat dalam pengajuan pembiayaan-pembiayaan."

"(Dan) itulah semangat dari Kredit Usaha Rakyat (KUR), itulah semangat dari Kartu Pintar, Kartu Sehat, dan Program Keluarga Harapan (PKH), dan program-program kesejahteraan sosial lainnya," tambahnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8769 seconds (0.1#10.140)