Tata Kota Malang, Anton Pilih Bergerak dari Pojok ke Pojok Kampung

Rabu, 29 November 2017 - 18:36 WIB
Tata Kota Malang, Anton Pilih Bergerak dari Pojok ke Pojok Kampung
Tata Kota Malang, Anton Pilih Bergerak dari Pojok ke Pojok Kampung
A A A
JAKARTA - Wali Kota Malang Moch Anton mengatakan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kota Malang mencapai 80,05%. Menurut Anton, IPM tersebut melanjutkan tren positif selama lima tahun.

"Karena bicara pengelolaan pemerintah berkaitan dengan indeks pembangunan manusia, mengatasi pengangguran dan sebagainya," ujar Anton dalam paparannya di Program Indonesia Visionary Leader KORAN SINDO di Auditorium Gedung Sindo, Wahid Hasyim, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Anton menuturkan, kota Malang mamiliki misi untuk meningkatkan kualitas, aksesibilitas dan pemerataan pendidikan dan kesehatan, meningkatkan daya saing dan produktifitas masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan masyarakat sampai peningkatan pelayanan publik yang berbasis reformasi birokrasi.

Menurut Anton, untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya melibatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan. Menurutnya, Malang diuntungkan dengan predikat kota Pendidikan.

Anton mengatakan, bermula dari kepala RW yang kemudian dipercaya sebagai Wali Kota, dirinya merasakan betul disparitas dan kesenjangan yang terjadi di Malang secara langsung. Maka itu, sejumlah hal dilakukan untuk mengatasi kesenjangan dan pengangguran.

Salah satunya, lanjut dia, meluncurkan program teknopreneur, yakni wirausaha berbasis teknologi yang memberikan nilai lebih dan sociopreneur, yakni pelibatan wirausaha berbasis bisnis namun menciptakan sosio impact untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Kebiasaan saya untuk mewujudkan revolusi mental adalah bagaimana kami turun ke lapangan. Saya ini pak bergerak dari pojok kampung ke pojok kampung," tandasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6874 seconds (0.1#10.140)