Mensos: Tagana Harus Terlibat Aktif Rajut Persatuan Bangsa

Jum'at, 27 Oktober 2017 - 13:53 WIB
Mensos: Tagana Harus Terlibat Aktif Rajut Persatuan Bangsa
Mensos: Tagana Harus Terlibat Aktif Rajut Persatuan Bangsa
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meminta Taruna Siaga Bencana (Tagana) terlibat aktif dalam upaya merajut persatuan dan kesatuan bangsa.

“Keberagaman serta perbedaan yang ada harus kita jaga dan hormati karena merupakan kekayaan berharga bagi bangsa Indonesia," ungkap Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Hal itu diungkapkan Khofifah dalam acara Jambore dan Bakti Sosial Tagana yang dibacakan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat, di Tondano, Kamis 26 Oktober 2017.

Kegiatan Jambore dan Bakti Sosial Taruna Siaga Bencana Tahun 2017 yang dipusatkan di Kota Tomohon dan Tondano, Sulawesi Utara (Sulut) tersebut dihadiri sekitar 1.400 peserta dari 33 provinsi serta dari empat negara ASEAN yakni Filipina, Malaysia, Kamboja, dan Jepang, berlangsung mulai tanggal 23-27 Oktober.

Khofifah mengatakan, tantangan Indonesia saat ini adalah persoalan kemajemukan bangsa yang harus dijaga dan dikelola sesuai dinamika kehidupan masyarakat.

Keberagaman yang ada di Indonesia, menurutnya, berpotensi menimbulkan berbagai gesekan dan konflik di tengah-tengah masyarakat. Baik konflik akibat politik, ekonomi, suku, agama, ras, dan perbedaan pendapat.

"Bukan hal mudah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, mengingat besarnya wilayah dan penduduk Indonesia ditambah beragamanya budaya dan suku. Mari kita syukuri anugerah yang maha kuasa ini," imbuhnya.

Dia mengatakan, Tagana harus menjadi perekat keberagaman sehingga tumbuh suasana harmoni saling menghargai dan memahami bahwa perbedaan adalah sebuah rahmat. Selain tugas pokok Tagana sebagai relawan penanggulangan bencana.

"Sebetulnya Tagana ini punya tugas sekaligus makna yang luas, tidak hanya menangani bencana alam namun juga punya kemampuan deteksi dini terhadap bencana sosial," katanya.

Kiprah nyata dan eksistensi Tagana pun, kata dia, sudah diakui di seluruh Indonesia. Jangan pernah bekerja atas dasar kesamaan suku, agama, ras dan budaya tapi atas nama solidaritas dan layanan kemanusiaan.

Menurut Khofifah, Tagana menjadi tempat belajar dan menumbuhkembangkan semangat bela negara. Artinya, jika ingin belajar bela negara maka sebaiknya menjadi Tagana atau Sahabat Tagana.

"Di Tagana kita temukan kerelawanan, pengorbanan dan kejuangan. Maka di markas komando Tagana di Sentul, Bogor pun diberi nama Kampus Bela Negara, " tuturnya.

Menurut dia, anggota Tagana mampu dan mau menolong, bergotong royong, membantu dan merespons cepat ketika terjadi bencana alam maupun bencana sosial.

"SOP (standard operating procedure)-nya ketat, yakni satu jam mereka sudah harus berada di tempat," paparnya.

Dia mengatakan, Tagana juga harus dibekali pemahaman wawasan nusantara dan wawasan kebangsaan serta kemampuan layanan dukungan psikososial.

Saat ini jumlah Tagana yang tersebar di seluruh Indonesia sebanyak 35.054 personel.

Terkait bencana alam, Khofifah memaparkan sepanjang 2016 terdapat 2.171 kejadian bencana di Indonesia dan berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan setidaknya ada 2.171 kejadian bencana di Indonesia dan berdasarkan data serta informasi bencana Indonesia disebutkan jumlah korban meninggal mencapai 567 jiwa, 489 jiwa luka-luka.

Sebanyak 2.770.814 mengungsi dan 23.628 unit rumah rusak ringan dan 5.750 unit rusak berat.

"Data tersebut membuktikan wilayah Republik Indonesia sangat rawan bencana. Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama. Butuh peran aktif dari masyarakat selain pemerintah tentunya," ujarnya.

Dalam acara itu juga diberikan penghargaan kepada sejumlah kepada daerah yang telah melakukan pembinaan terhadap Tagana dalam penanggulangan bencana. Antara lain Gubernur Sulawesi Utara, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Gubernur Nusa Tenggara Barat,

Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Sumatera Selatan, Wali Kota Tomohon, Wali Kota Palembang, Wali Kota Pangkalpinang. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada Bupati Kolaka Timur, Bupati Manggarai Barat, Bupati Sumbawa, Bupati Minahasa, Bojonegoro, dan Bupati Aceh jaya.

"Kami berharap dukungan dari para kepala daerah baik moril, supporting maupun anggaran bisa terus berlanjut untuk mendukung kiprah Tagana dalam penanggulangan bencana," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7250 seconds (0.1#10.140)