Jokowi: Semua Negara Berlomba Buat Inovasi

Kamis, 28 September 2017 - 14:09 WIB
Jokowi: Semua Negara Berlomba Buat Inovasi
Jokowi: Semua Negara Berlomba Buat Inovasi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sering mengingatkan saat ini semua negara hidup dalam era keterbukaan dan era persaingan teknologi.

Menurut dia, masyarakat hanya membutuhkan smartphone, gadget dan perangkat konektivitas lainnya untuk mengejar kebutuhan hidupnya.

"Orang bisa dengan mudah dan murah ke mana-mana. Dunia sekarang semakin terbuka dan semua negara berlomba-lomba mengejar inovasi-inovasi baru," ujar Jokowi saat membuka konferensi IDBYTE Tahun 2017 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2017).

Jokowi menuturkan, sekarang masyarakat dunia sudah dengan mudah membeli keperluan hidupnya. Terlebih untuk urusan makanan.

Bahkan, sambung dia, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mendapat informasi di Tiongkok dan India untuk membeli gorengan tanpa menggunakan uang tunai.

"Tetapi memakai aplikasi HP, smartphone, seperti Wechat dan Alive," ungkapnya.

Jokowi menambahkan, saat ini kecepatan internet mencapai 100 kali lipat. Alhasil berbagai jenis usaha yang tengah berkembang saat ini menggunakan akses internet.

Tidak heran, kata Jokowi, perusahaan-perusahaan besar yang saat ini menguasai dunia adalah perusahaan di bidang tersebut.

"Konsekuensinya adalah sebagai contoh saat ini dari 13 perusahaan dengan nilai usaha paling besar di dunia, delapan perusahaan teknologi. Kalau kita mau sejahtera, kita harus menyambut baik perkembangan-perkembangan ini. Tidak ada pilihan," ucapnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8167 seconds (0.1#10.140)