Presiden Jokowi-Menko Polhukam Bahas Pembelian Sukhoi Su-35

Jum'at, 22 September 2017 - 16:58 WIB
Presiden Jokowi-Menko Polhukam Bahas Pembelian Sukhoi Su-35
Presiden Jokowi-Menko Polhukam Bahas Pembelian Sukhoi Su-35
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto baru saja menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Selain melaporkan hasil kunjungannya ke Singapura, Wiranto juga untuk melaporkan rencana pembelian pesawat Sukhoi Su-35. "Kita kan sudah berencana untuk melengkapi alutsista (alat utama sistem persenjataan-red) kita walaupun kemungkinan perang itu tipis, tetapi untuk menjaga wilayah kedaulatan," kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Menurut Wiranto, pembelian Sukhoi bukan untuk tujuan perang, melainkan untuk penguatan kedaulatan negara, termasuk nilai tawar dalam melakukan diplomasi internasional. (Baca juga: Bisa Ngebom, Sukhoi Indonesia Lebih Canggih dari Malaysia )

Wiranto mengatakan, pengalaman mengenai kebutuhan alutsista pernah dirasakan Indonesia saat pembebasan Irian Barat. Menurut dia, keberadaan alutsista yang mumpuni akan meningkatkan posisi tawar Indonesia di mata dunia. "Kita kan sudah beli sukhoi 35 itu delapan buah lengkap. Nah sekarang kita berencana untuk beli lagi 11, ya itu sudah rencana lama ini," ujarnya.

Dia menegaskan, rencana pembelian kembali Sukhoi Su-35, pemerintah mengaku telah mengajukan persyaratan yang ditawarkan kepada negara produsen. "Si penjual supaya gak seenaknya menjual tanpa ada keuntungan dari kita. banyak hal yang bisa kita dapatkan," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6835 seconds (0.1#10.140)