Ternyata Momentum Ini Dijadikan untuk Ganti Kiswah Kakbah

Senin, 04 September 2017 - 18:31 WIB
Ternyata Momentum Ini Dijadikan untuk Ganti Kiswah Kakbah
Ternyata Momentum Ini Dijadikan untuk Ganti Kiswah Kakbah
A A A
MEKKAH - Kain hitam yang melapisi Kakbah atau kiswah sudah diganti dengan yang baru. Pergantian kiswah rutin dilakukan setiap tahun pada 9 Zulhijah.

Untuk tahun ini bertepatan dengan 31 Agustus 2017, pergantian kiswah dilakukan melalui upacara tahunan oleh Kerajaan Arab Saudi.

"Pergantian kiswah dilakukan tepat pada puncak haji, karena seluruh jamaah haji sedang berkonsentrasi berkumpul di Padang Arafah," kata Kepala Daerah Kerja Makkah Panitia Pelaksana Ibadah Haji Nasrullah Jasam, Senin (4/9/2017).

Menurut dia, pergantian dilakukan sengaja bertepatan dengan hari puncak haji karena pada saat itulah Masjidil Haram sepi dari jamaah.

"Pergantian dilakukan secara khusus oleh kerajaan dan tidak bisa sembarangan dilakukan. Pada saat itu juga biasanya Kakbah dibersihkan," ujarnya.

Disadur dari Saudi Gazatte, lapisan bangunan paling sakral di Masjidil Haram ini terbuat dari benang sutera dan emas murni. Pergantian dilakukan setelah mendapat instruksi Raja Salman, selaku Pelayan Dua Kota Suci Mekkah dan Madinah, kepada Pabrik Kiswah King Abdulaziz.

Serah terima Kiswah telah dilakukan sebelumnya oleh Pangeran Khaled Al-Faisal kepada penjaga Senior Kakbah, Saleh Al-Shaibi, pada 23 Agustus 2017 atau 1 Zulhijah, melalui sebuah seremoni khusus.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3557 seconds (0.1#10.140)