Jokowi Berharap Negara ASEAN Terus Jaga Perdamaian

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 04:24 WIB
Jokowi Berharap Negara ASEAN Terus Jaga Perdamaian
Jokowi Berharap Negara ASEAN Terus Jaga Perdamaian
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganggap hubungan kerja sama negara-negara ASEAN yang berusia 50 tahun, merupakan hubungan yang membanggakan. Jokowi berharap, ASEAN diusianya yang setengah abad ini, bisa terus bersama-sama bergandengan tangan.

"Berjalan bersama untuk menciptakan ekosistem perdamaian, kokoh menjaga stabilitas, serta bergerak terus mewujudkan kesejahteraan bersama," kata Jokowi saat menghadiri peringatan 50 tahun ASEAN di Hall ASEAN, Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (11/8/2017).

Jokowi menganggap, kawasan ASEAN merupakan kawasan yang sangat istimewa. Karena mampu berdiri kokoh di saat kawasan lain dilanda konflik, sementara Asia Tenggara mampu mengelola kawasan secara stabil.

"Di banyak negara atau kawasan beradu kekuatan untuk menyelesaikan masalah, maka ASEAN menyelesaikan masalah dengan cara-cara dialog dan negosiasi," ujarnya.

Hal lain ASEAN dianggap membanggakan, karena memilih jalur penyelesaian masalah secara bersama-sama. Sementara kawasan lain memilih menggunakan meghapone.

"Sementara banyak negara dan kawasan mulai pesimis dengan integerasi ekonomi, maka ASEAN terus bergerak maju membangun integrasi ekonomi, bukan hanya antar-negara ASEAN namun juga dengan negara-negara sahabat lainnya," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8165 seconds (0.1#10.140)