HUT RI ke-72, Istana Gelar Rangkaian Bulan Kemerdekaan

Jum'at, 28 Juli 2017 - 18:57 WIB
HUT RI ke-72, Istana Gelar Rangkaian Bulan Kemerdekaan
HUT RI ke-72, Istana Gelar Rangkaian Bulan Kemerdekaan
A A A
JAKARTA - Istana tengah mempersiapkan perayaan atau HUT Republik Indonesia ke-72 yang akan jatuh pada 17 Agustus mendatang. ‎Perayaan 17 Agustus kali ini akan dilangsungkan selama sebulan penuh sama seperti tahun sebelumnya. Perayaan HUT RI ke-72 tersebut dinamai Bulan Kemerdekaan.

‎"Jadi ini menunjukkan keseriusan kita sebagai bangsa, merayakan menghayati mengamalkan semangat kemerdekaan yang sudah kita raih dan tahun ini kita memasuki tahun yang ke-72," ujar Mensesneg Pratikno saat jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Pratikno menuturkan, selama bulan Agustus nanti akan ada banyak kegiatan yang berkaitan dengan HUT RI tengah dipersiapkan pemerintah selain juga kegiatan yang dilakukan lapisan masyarakat di seluruh pelosok negeri. Menurutnya, pada 1 Agustus nanti akan dilauncing kegiatan pameran lukisan yang menampilkan lukisan yang tersimpan di Istana Kepresidenan.

"Jadi kita akan ada pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan, yang tahun ini kita beri tajuk Senandung Ibu Pertiwi," jelasnya.

Dia menlanjutkan, kegiatan pameran ini akan dipandu oleh Kepala Barekraf Triawan Munaf. Dalam launcing itu juga akan disampaikan rencana kegiatan lain seperti Dzikir Kebangsaan dengan tema Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan di halaman Istana Merdeka‎ pada pukul 19.30 pada tanggal 1 Agustus.

"Jadi itu dzikir itu akan diikuti oleh para ulama dan sekaligus juga oleh para santri dari berbagai pondok pesantren yang kemudian disambung dengan berbagai kegiatan yang lain selama satu bulan‎," ucapnya.

Pratikno menambahkan, ada satu hari yang akan dilaksanakan satu kegiatan yang disebutnya 'nendang' sebagai rangkaian Bulan Kemerdekaan.‎ Kegiatan yang disuguhkan Istana juga akan didorong dengan kegiatan yang umumnya dilakukan pemerintah saat momen Hari Kemerdekaan Indonesia.

‎"Jadi berbagai kementerian juga siap untuk memback-up inisiatif-inisiatif yang ada di masyarakat. Rangkaiannya mungkin Pak Triawan bisa menyambung setelah tanggal 1 itu kegiatannya apa saja," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7580 seconds (0.1#10.140)