Jokowi Beberkan Rahasia Kerukunan Bangsa Indonesia ke Presiden Afganistan

Sabtu, 22 Juli 2017 - 21:51 WIB
Jokowi Beberkan Rahasia Kerukunan Bangsa Indonesia ke Presiden Afganistan
Jokowi Beberkan Rahasia Kerukunan Bangsa Indonesia ke Presiden Afganistan
A A A
SEMARANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal Kebangsaan yang digelar di Kampus SMA Nasima Kota Semarang, Jateng. Dia menyatakan, meski wilayah Indonesia berbentuk kepulauan dan banyak suku, namun bisa tetap terjaga kerukunannya.

Mantan Wali Kota Solo itu menceritakan pengalamannya saat bersama Presiden Afganistan Ashraf Ghani. Salah satu negara di Timur Tengah itu kerap terjadi pertikaian, karena memiliki penduduk yang cukup heterogen. Afganistan hanya terdiri tujuh suku, namun karena keberagaman tidak terjaga maka negaranya terus bertikai.

"Saat tahu bahwa Indonesia memiliki 714 suku, maka Presiden Afganistan mengingatkan: 'Hati-hati Pak Jokowi, jika sudah bertikai, konflik sosial terjadi sulit untuk disatukan apalagi dengan suku yang sangat banyak'," kata Jokowi sembari menirukan perkataan Presiden Afganistan, Sabtu (22/7/2017).

Menanggapi perkataan Presiden Afganistan itu, Jokowi yang mengenakan setelan jas dan peci serta sarung ala santri tersebut dengan mantap menyampaikan, Bangsa Indonesia memiliki konsensus sejak awal kemerdekaan untuk menjaga kesatuan bangsa.

Meski dengan penduduk mayoritas muslim, namun pendiri bangsa sepakat menggunakan Pancasila sebagai dasar negara.
"Jawabannya cuma satu yaitu Pancasila," ucap Jokowi yang disambut tepuk tangan seluruh audiens.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9190 seconds (0.1#10.140)