Dua Perempuan Indonesia Taklukkan Gunung Denali

Senin, 03 Juli 2017 - 15:12 WIB
Dua Perempuan Indonesia...
Dua Perempuan Indonesia Taklukkan Gunung Denali
A A A
JAKARTA - Tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahitala-Unpar (WISSEMU) akhirnya menapakkan kaki di puncak Gunung Denali, Alaska, Amerika Utara.

Dalam perjalanan yang bertajuk BRI WISSEMU Reaching Denali Summit, tim memulai perjalanan dari tanggal 19 Juni 2017.

Tim WISSEMU mengibarkan bendera Merah Putih dan membunyikan angklung di Puncak Denali pada Sabtu 1 Juli 2017 pukul 19.40 waktu setempat (Minggu, 2 Juli 2017 pukul 22.40 WIB).

Berita mengembirakan ini datang dari salah satu pendaki Tim WISSEMU, Fransiska Dimitri Inkiriwang melalui telepon satelit pada pukul 01.30 WIB lalu. “Terima kasih doanya semua teman-teman di Indonesia, perjalanan kita masih jauh, mohon terus doanya. Ini semua kami persembahkan untuk persatuan Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika!” cerita Deedee, panggilan akrab Fransiska Dimitri.

Memulai upaya menuju puncak (summit attempt) dari High Camp pada 1 Juli 2017
pukul 10.00 waktu setempat, tim menghabiskan waktu 7 jam 40 menit perjalanan untuk berjalan sejauh 4,01 kilometer (km) dengan kenaikan elevasi yang mencapai 901 meter.

Perjalanan menuju puncak dari titik terakhir ini pun ditemani cuaca cerah namun angin yang kencang dan suhu udara di Denali yang mencapai -30 derajat Celcius.

Dua Perempuan Indonesia Taklukkan Gunung Denali


Untuk mencapai puncak Gunung Denali, Tim WISSEMU telah melalui perjalanan panjang kurang lebih 13 hari terhitung sejak tanggal 19 Juni 2017.

Memulai perjalanan dari Denali Basecamp pada 20 Juni 2017, tim melanjutkan perjalanan ke Camp 1 keesokan harinya. Sebelum mencapai High Camp, tim sempat menghabiskan delapan hari di Camp 2 dan Camp 3.

Di setiap camp tersebut tim melakukan load-carry, hal ini dilakukan untuk meringankan beban dan mempercepat pergarakan tim, sekaligus proses aklimatisasi untuk beradaptasi dengan lapisan udara yang semakin tipis di setiap camp.

Musim pendakian Denali kali ini merupakan musim yang cukup sulit bagi para pendaki karena kondisi cuaca dari awal musim yang terus dihantam oleh hujan salju dan juga badai.

Dalam pendakian, Tim sempat beberapa kali terkena white out, yakni kondisi cuaca dimana hujan salju menyebabkan jarak pandang menjadi kabur sehingga mengaburkan horizon.

Keberhasilan mencapai Puncak Gunung Denali di Amerika Utara ini juga menandakan keberhasilan Tim WISSEMU dalam mencapai puncak keenam dari tujuh gunung dalam track Seven Summits.

Dengan ini pula, Tim WISSEMU mencatatkan diri sebagai dua perempuan Indonesia pertama yang menapakkan kakinya di Puncak Gunung Denali.

Puji dan Syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pencapaian ini. Tim mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan Universitas Katolik Parahyangan karena telah mendukung penuh ekspedisi ini dan mendukung prestasi perempuan Indonesia.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)