Wiranto: Bom Kampung Melayu Miliki Kesamaan dengan Bom Manchester

Jum'at, 26 Mei 2017 - 17:25 WIB
Wiranto: Bom Kampung Melayu Miliki Kesamaan dengan Bom Manchester
Wiranto: Bom Kampung Melayu Miliki Kesamaan dengan Bom Manchester
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, Indonesia baru saja mendapatkan dampak dari serangan teroris ‎yang dialami banyak negara di dunia.

Menurutnya, bom bunuh diri yang terjadi di Terminal Kampung Melayu kemarin memiliki kemiripan dari serangan teroris yang terjadi di negara lain.

‎"Yang perlu diketahui publik, ada kesamaan karakter setiap aksi terorisme di belahan dunia manapun termasuk di Kampung Melayu, Manchester, itu karakternya sama‎," ujar Wiranto saat jumpa pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Ia menjelaskan, kesamaan karakter yang dimaksud ialah bahwa aksi teror yang dilakukan terduga teroris untuk menunjukkan eksistensi mereka. Di mana, kata Wiranto, pelaku teror dalam melancarkan aksinya menyasar pada satu tujuan ingin membangun sebuah peradaban baru di atas negara bangsa.

"Kedua adalah menimbulkan korban sebesar-besarnya dan selalu dia melakukan aksi saat kita lengah," ucapnya.

Maka itu, pemerintah melalui aparat hukum mengaku akan mengejar para pelaku teror dan jaringan yang terlibat bom Kampung Melayu sampai ke akar-akarnya. Wiranto menyebutkan, aksi teror di Kampung Melayu merupakan jaringan yang teroganisir.

‎"Kalau sudah terjadi bom seperti ini maka dikatakan kecolongan. Dalam pemahaman seperti ini kita sampaikan ke masyarakat bahwa kita ingin revisi UU Penanggulangan Terorisme harus segera kita tuntaskan," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9275 seconds (0.1#10.140)