Integritas Calon Anggota KPU Dipertanyakan

Senin, 03 April 2017 - 19:43 WIB
Integritas Calon Anggota KPU Dipertanyakan
Integritas Calon Anggota KPU Dipertanyakan
A A A
JAKARTA - Integritas semua calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dipertanyakan Anggota Komisi II DPR Arteria Dahlan. Sebab, para calon tersebut tidak menuliskan pandangannya mengenai peradaban demokrasi di negeri ini dalam visi dan misi masing-masing.

"Ini enggak kebaca di tulisan ini," kata Arteria Dahlan dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) komisioner KPU di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/4/2017).

Menurut Arteria, komitmen para calon mengenai praktik politik uang (money politics) pun dipersoalkannya, sebab tidak dijelaskan masing-masing. Kemudian dia berpendapat para calon hanya mengulas soal keluarga masing-masing.

Maka itu, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mempertanyakan para calon yang seolah tidak berani menyatakan sebagai orang baik. "Harusnya berani dong tuliskan saya orang baik-baik, buktikan kepada kami apa yang sudah diperbuat untuk demokrasi," ucapnya.

Selain itu, kerja Panitia Seleksi (Pansel) Komisioner KPU-Bawaslu juga dianggap asal-asalan. "Timsel luar biasa hebatnya loh, hebat ngawur," ungkapnya.

Sebab, dia mengaku tidak melihat para calon itu bisa membangun optimisme. "Bahwa di tangan bapak ibu ini demokrasi aman, saya tidak bisa lihat ide gagasan konkret," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6026 seconds (0.1#10.140)