Nazaruddin Beberkan Aliran Dana E-KTP ke Sejumlah Politikus Demokrat

Senin, 03 April 2017 - 16:38 WIB
Nazaruddin Beberkan Aliran Dana E-KTP ke Sejumlah Politikus Demokrat
Nazaruddin Beberkan Aliran Dana E-KTP ke Sejumlah Politikus Demokrat
A A A
JAKARTA - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin membeberkan aliran uang proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dari pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong kepada sejumlah anggota DPR.

Dalam kesaksiannya, Nazaruddin mengungkap berbagai motif dan penggunaan uang terkait proyek tersebut. Dari untuk membeli mobil pribadi, hingga modal suksesi kepemimpinan di Partai Demokrat.

"Waktu itu Mas Anas (Anas Urbaningrum-red) dikasih Rp20 miliar untuk keperluan maju jadi ketua umum," kata Nazaruddin saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2017).

Nazaruddin mengatakan, uang Rp20 miliar dari Andi kemudian diserahkan kepada stafnya di Fraksi Demokrat, Eva untuk keperluan membayar hotel hingga acara pertemuan seputar Kongres Demokrat.

Selain Anas, Nazaruddin juga menyebut politikus Demokrat Khatibul Umam Wiranu ikut menerima USD400 ribu dari proyek e-KTP. Uang tersebut digunakan Khatibul maju jadi Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

"Khatibul Umam waktu itu mau maju jadi ketua umum GP Ansor. Waktu itu ada USD500 ribu ke fraksi, terus ke Jafar USD100 ribu, dan USD400 ribu ke Khatibul," ucap Nazaruddin.

Pada perjalanannya, Khatibul kalah dalam suksesi GP Ansor di Surabaya. Karena kalah, Nazaruddin sempat meminta uang yang telah digunakan Khatibul untuk dikembalikan separo ke fraksi.

"Dia bilang itu sudah habis dibagi-bagi," kata Nazar.

Soal uang untuk Khatibul, Nazaruddin sempat berbicara dengan Anas. Menurut dia, Anas menginstruksikan agar uang tersebut diberikan kepada Khatibul.

Terkait uang USD100 ribu kepada politikus Demokrat lainnya Jafar Hafsah, Nazaruddin mengatakan uang tersebut dibelikan satununit mobil Toyota Land Cruiser bernomor polisi B 1 MJH.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8076 seconds (0.1#10.140)
pixels