Mobil RI-1 Sering Mogok, Istana Pertimbangkan Beli Kendaraan Baru

Selasa, 21 Maret 2017 - 19:34 WIB
Mobil RI-1 Sering Mogok, Istana Pertimbangkan Beli Kendaraan Baru
Mobil RI-1 Sering Mogok, Istana Pertimbangkan Beli Kendaraan Baru
A A A
JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu menolak setiap kali diminta pendapatnya terkait pembelian mobil baru kepresidenan.

Padahal, kata dia, mobil berpelat nomor RI-1 yang saat ini digunakan Jokowi kerap mogok. Melihat kondisi tersebut, Pratikno mengatakan pihaknya mempertimbangkan untuk melakukan pengadaan mobil baru bagi Presiden.

"Kalau saya melihat ada urgensi luar biasa untuk pembaruan (mobil baru Presiden) ini. Tapi sampai sekarang Presiden enggak anu (mau). Kalau saya minta konsultasi (rencana pembelian), (Presiden bilang) enggak usah‎," ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Pratikno menegaskan, pengadaan mobil baru kepresidenan tidak memerlukan persetujuan Presiden. Keputusan pembelian mobil kepresidenan, kata dia, cukup diputuskan di tingkat kementerian.

Menurut dia, urgensi membeli mobil ‎kepresidenan karena Mercedes Benz S600 Guard yang digunakan mantan Wali Kota Solo itu kerap mogok.

Mobil Presiden, kata dia, pernah mogok saat kunjungan kerja di Banjarnegara, Pogorogo, dan terakhir di Kalimantan Barat. Kendati begitu, dikatakannya, Jokowi kerap menolak ketika ditanyai pendapatnya terkait pembelian mobil baru.

"Ah enggak apa-apa, enggak usah lah. Tapi kalau saya lihat ada urgensi. (pengadaan) Cukup di Mensesneg," ujar mantan Rektor Universitas Gadjah Mada ini.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4677 seconds (0.1#10.140)