Gerakan Nusantara Mengaji Dinilai Mampu Bangun Karakter Bangsa

Sabtu, 18 Februari 2017 - 14:38 WIB
Gerakan Nusantara Mengaji Dinilai Mampu Bangun Karakter Bangsa
Gerakan Nusantara Mengaji Dinilai Mampu Bangun Karakter Bangsa
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi berharap para pemuda memiliki semangat yang lebih tinggi untuk mengaji Alquran.

Hal ini disampaikan Imam saat menerima kedatangan pengurus Nusantara Mengaji di Senayan, Jakarta. Imam mengatakan, salah satu upaya membangun semangat mengaji dapat dilakukan dengan pendekatan membaca Alquran.

"Kami juga mempunyai program nasional namanya Kirab Pemuda Nusantara yang akan melewati Aceh hingga Papua yang akan dilaksanakan selama empat bulan. Nah, nanti dalam setiap persinggahan diadakan malam mengaji yang menampilkan seni keindahan membaca Alquran," tutur Imam didampingi Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Asisten Deputi Peningkatan IPTEK dan IMTAQ Pemuda Esa Sukmawijaya dan Staf Khusus Staf Khusus Bidang Pemuda Zainul Munasichin, Jumat 17 Februari 2017.

Seni membaca Alquran dikatakannya merupakan syiar Alquran yang menampilkan keindahaan suara dalam membaca Alquran.

Imam berpendapat, acara seperti malam lailatul qiraah atau haflah tilawah akan menjadi daya tarik agar semarak mengaji Alquran lebih bergelora. "Sebab sekarang anak muda lebih banyak membaca medsos (media sosial) daripada mengaji. Kepalanya tertunduk seperti saat orang mengaji, tapi yang dipegangnya smartphone bukan Alquran. ini yang kita sayangkan," tuturnya.

Menurut dia, mengaji dapat membangun karakter bangsa yang sejalan dengan program Nawa Cita yang sedang dilaksanakan pemerintah.

Disambut semangat besar Menpora, Nusantara Mengaji siap mengkolaborasikan niatan itu. Koordinator Nasional Nusantara Mengaji Jazilul Fawaid mengatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia tidak hanya secara fisik, tetapi juga mental spiritual.

"Agar pembangunan bangsa ini tidak melenceng dari niat awalnya, Nusantara Mengaji di seluruh negeri perlu digalakkan. Dengan program ini seluruh rakyat Indonesia yang muslim hingga ke pelosok desa bisa mendapatkan berkah," katanya.

Dewan Penasihat Nusantara Mengaji KH. Syarif rahmat menilai perhatian Menpora terhadap gerakan mengaji luar biasa. "Pemikiran dan niat Pak Menteri ini sangat baik. Ini termasuk yang man sanna sunnatan hasanah, yakni orang yang mengajak kepada kebaikan maka akan mendapat pahala orang yang mengerjakan kebaikan tersebut," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1016 seconds (0.1#10.140)