Program Bansos Nontunai Semakin Mudah Dicairkan

Rabu, 15 Februari 2017 - 13:23 WIB
Program Bansos Nontunai Semakin Mudah Dicairkan
Program Bansos Nontunai Semakin Mudah Dicairkan
A A A
JAKARTA - Para penerima manfaat program bantuan sosial (bansos) nontunai semakin mudah mencairkan bantuan. Hal ini didukung teknologi interkoneksi dan interoperabilitas memungkinkan penerima bansos mencairkannya di seluruh Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bank milik negara.

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, interkoneksi antarbank penyalur bansos nontunai pertama kali ini terwujud berkat dukungan dari Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dia berharap adanya interkonesi antar bank, maka akses lebih mudah dan luas bagi keluarga penerima manfaat PKH di manapun mereka berada.

"Apabila sewaktu-waktu memerlukan pencairan uang bansos juga bisa dilakukan di agen BTN, BNI, BRI dan Bank Mandiri," ujar Khofifah dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Rabu (15/2/2017).

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Harry Hikmat menuturkan, sekarang dengan kemajuan teknologi yang dicapai oleh bank HIMBARA, sistem yang dibangun juga memungkinkan sistem locking atau mengunci bansos dan membuka pencairannya sesuai jadwal yang ditetapkan. Maka, kata dia bansos nontunai lewat KKS bisa tepat jumlah, sasaran dan waktu. (Baca: Pemerintah Perketat Pengawasan Dana Bansos)

"Penerima PKH akan menerima bansos satu tahun sekaligus di awal tahun. Namun tidak serta merta semuanya boleh diambil, karena pencairannya bertahap empat kali cair," kata Harry.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7962 seconds (0.1#10.140)